Selasa, 18 Oktober 2016

JANGAN INGKAR JANJI




ONE DAY ONE HADITH

Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar RA, Rasul SAW bersabda :
إِنَّ الْغَادِرَ يَنْصِبُ اللَّهُ لَهُ لِوَاءً يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَيُقَالُ أَلَا هَذِهِ غَدْرَةُ فُلَانٍ
"Sungguh, Allah akan tancapkan bendera bagi orang yang berkhianat di hari kiamat. Lalu dikatakan: ‘Ketahuilah ini adalah pengkhianatan di fulan." [HR Bukhari]

Catatan Alvers

Semua orang sepakat bahwa mengingkari janji itu adalah perbuatan tercela yang membuat orang lain sakit hati dengan janjinya lalu iapun menyatakan “sakitnya tuh di sini”. Pernahkah anda menjadi korban ingkar janji? Atau bahkan anda menjadi pelaku ingkar janji? Mudah-mudahan kita terhindar dari keduanya.


Ajaran islam tidak memberikan celah bagi pemeluknya untuk mengingkari janji yang pernah disepakatinya dan sebaliknya islam sangat menganjurkan ummatnya untuk senantiasa menepati janji bahkan Allah SWT memberikan hadiah bagi orang yang menepati janji, Allah SWT berfirman:
وَمَنْ أَوْفَى بِمَا عَاهَدَ عَلَيْهُ اللَّهَ فَسَيُؤْتِيهِ أَجْرًا عَظِيمًا
 “Barang siapa yang memenuhi janjinya, maka Allah akan memberikan balasan yang besar “ [QS Al Fath: 10]

Sebagaimana Allah memberikan peringatan agar seseorang sekali-kali tidak mengingkari janjinya,  dengan firman-Nya:
وَأَوْفُوا بِالْعَهْدِ إِنَّ الْعَهْدَ كَانَ مَسْئُوْلاً
“Dan penuhilah janji, sesungguhnya janji itu pasti dimintai pertanggungjawaban.” [QS Al-Isra`: 34]
Memenuhi janji itu tidak pernah dibedakan apakah janji itu besar ataukah kecil karena boleh jadi janji yang dianggap kecil oleh seseorang namun bagi orang lain akan terasa besar dan bernilai.

Alkisah, Seorang raja pulang menuju istananya pada suatu malam yang sangat dingin dan dia melihat seorang penjaga tua tengah berdiri dengan pakaian yang tipisnya, maka sang raja mendekatinya lalu bertanya kepadanya, apakah engkau tidak merasakan dingin?  Sang penjaga menjawab; ya, aku merasa dingin, namun aku tidak memiliki pakaian yang mampu menolak dingin dan tidak memiliki tempat berlindung dari dingin. Maka sang raja berkata kepadanya; sekarang aku akan masuk istana dan aku akan meminta pembantuku untuk membawakan pakaian tebal untukmu.

Bahagialah sang penjaga karena sebab janji sang raja tersebut namun ketika ia masuk ke istananya, sang raja lupa akan janjinya. Dan ketika pagi hari, sang penjaga tua tersebut telah wafat dan di sampingnya terdapat satu kertas yang tertulis dengan tulisan yang penuh getaran ;
"أيّها الملك، كنت أتحمّل البرد كل ليلة صامدًا، ولكن وعدك لي بالملابس الدافئة سلب منّي قوّتي وقتلني".
"wahai raja, dulu aku mampu menahan dingin setiap malam yang gelap, akan tetapi sejak engkau menjanjikan kepadaku pakaian-pakaian tebal maka hilanglah kekuatanku hingga dingin ini membunuhku.

Kisah ini menyadarkan kita bahwa janji kepada yang orang lain boleh jadi menjadi harapan besar melebihi dari apa yang kita bayangkan. Maka, Janganlah engkau alvers mudah mengingkari janji, karena engkau tidak akan tahu, apa yang akan terjadi sebab pengingkaran janjimu.

Memenuhi janji itu juga tidak dibedakan kepada siapa janji itu ditujukan, apakah kepada orang mulia apakah orang yang hina, kepada pejabat ataukah rakyat. Bahkan kewajiban memenuhi janji itu berlaku meskipun ditujukan kepada anak kecil sekalipun. Sahabat Abdullah bin ‘Amir RA bercerita : “Pada suatu hari ketika Rasulullah SAW duduk di tengah-tengah kami, (tiba-tiba) ibuku memanggilku dengan mengatakan: ‘Hai kemari, aku akan beri kamu sesuatu!’ Rasulullah SAW mengatakan kepada ibuku: ‘Apa yang akan kamu berikan kepadanya?’ Ibuku menjawab: ‘Kurma.’ Lalu Rasulullah SAW bersabda:
أَمَا إِنَّكِ لَوْ لَمْ تُعْطِهِ شَيْئًا كُتِبَتْ عَلَيْكِ كِذْبَةٌ
“Ketahuilah, seandainya kamu tidak memberinya sesuatu maka ditulis bagimu kedustaan.” [HR Abu Dawud]

Dalam hadits utama di atas, orang yang mengingkari janjinya di hari kiamat akan ditancapkan bendera sesuai pengkhiatan yang dilakukannya sehingga pengkhianatannya akan diketahui oleh semua orang. Hal ini seperti firman Allah SWT:
يُعْرَف الْمُجْرِمُونَ بِسِيمَاهُمْ
Orang-orang yang berdosa akan dikenali dengan tanda-tandannya [QS AR-Rahman : 41]

Ibnu Abi Jamrah berkata: Secara lahiriyah hadits, boleh jadi seseorang akan ditandai dengan banyak bendera sesuai dengan banyaknya pengkhiatannya. Hikmah penancapan bendera ini adalah bahwa biasanya balasan itu berbanding terbalik dengan dosa yang dilakukan. Pengkhianatan atas janji biasanya merupakan hal yang samar maka balasannya adalah dengan ditampakkan kepada khalayak ramai sedangkan bendera adalah tanda yang paling mudah diketahui di kalangan arab. [Fathul Bari]

Rasul SAW sebagai sang uswah hasanah telah memberi teladan kepada kita semua bagaimana menepati janji. Diriwayatkan dari Abdullah bin Abi al Hamsa ra. berkata: Aku sudah membuat sebuah perjanjian jual beli dengan Rasul SAW sebelum beliau diangkat menjadi Rasul. Akupun berjanji untuk datang dan melunasi sisa pembayarannya pada suatu tempat, lalu aku lupa perjanjian yang telah dibuat bersama beliau. Lalu setelah tiga hari aku baru teringat. maka aku datang ke tempat tersebut. Tiba-tiba aku dapati Rasulullah saw telah ada di tempat itu, kemudian beliau berkata :
يَا فَتًى لَقَدْ شَقَقْتَ عَلَيَّ أَنَا هَاهُنَا مُنْذُ ثَلَاثٍ أَنْتَظِرُكَ
Wahai pemuda! Sesungguhnya kamu sudah menyusahkanku, aku telah menunggumu dan berada di sini sejak tiga hari yang lalu. [HR. Abu Daud]

Hadits ini menunjukkan betapa kuatnya komitmen Rasul dalam memenuhi janji yang telah disepakai, bukan karena tujuan menagih kekurangan uang pembayarannya [Aunul Ma’bud] Rasulpun mewanti-wanti kita supaya tidak mengingkari janji yang itu merupakan indikator kemunafikan, Rasul SAW bersabda :
آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلَاثٌ إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ وَإِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ
Ada tiga tanda orang munafik; apabila berbicara ia berbohong, apabila berjanji ia mengingkari dan apabila dipercaya ia berkhianat [HR Bukhari] Wallahu A’lam. Semoga Allah al-Bari membuka hati dan fikiran kita untuk tidak mengingkari janji.

Salam Satu Hadith,
DR.H.Fathul Bari, Malang, Ind

ONE DAY ONE HADITH
Kajian Hadits Sistem SPA (Singkat, Padat, Akurat)
READY STOCK BUKU ONE DAY#1
Distributor : 081216742626

Gabung grup ODOH
klik disini

0 komentar:

Posting Komentar