Selasa, 02 April 2019

GERBANG (Pergerakan Bahasa Asing)


SAMBUTAN PENGASUH
PP AN-NUR 2 AL-MURTADLO 
Bululawang Malang
Untuk
GERBANG 
(Pergerakan Bahasa Asing)


Alhamdulillah, Segala puji bagi Allah SWT yang telah menurunkan Kitab Suci pamungkas dengan berbahasa Arab sebagaimana firman-Nya :
إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ
“Sesungguhnya Kami telah jadikan Al-Quran dalam bahasa Arab supaya kalian memikirkannya.” [QS. Yusuf : 2]
Sholawat serta salam semoga terlimpahkan kepada baginda Nabi Muhammad SAW yang bersabda :
أحبوا العرب لثلاث : لأني عربي والقرآن عربي وكلام أهل الجنة عربي
Cintailah Arab karena tiga hal; karena aku seorang Arab, al-Quran al-Karim (diturunkan) dengan bahasa Arab" dan percakapan penduduk Surga adalah (bahasa) Arab  [HR Al-Hakim] Dishahihkan oleh Al-Hakim dan menurut Imam adz-Dzahabi hadits ini adalah hadits dla’if, bukan hadits shahih dan bukan pula hadits palsu. [Tadzkiratul Mawdluat] Sehingga hadits ini masih bisa digunakan dalam ranah fadloilul A’mal.


Amma Ba’du, kami sangat bergembira melihat perkembangan program bahasa Arab di pondok pesantren AN-NUR 2 ini. Berkat kiprah GERBANG (Pergerakan Bahasa Asing), para santri mulai banyak yang berbicara sehari-hari dengan bahasa Arab bahkan dalam level kompetisi santri pondok pesantren AN-NUR 2 sudah banyak meraih juara di berbagai even baik yang diadakan oleh kalangan pesantren maupun kampus.
Kami gembira karena itulah impian Syaikhina KHM Badruddin sejak lama yang mulai terwujud. Dahulu berbagai cara beliau tempuh untuk membumikan bahasa arab di pondok ini, mulai dari meng-kursus kan beberapa asatidz di lembaga bahasa hingga mendatangkan guru delegasi Universitas Al-Azhar mesir.

Sudah semestinya santri bisa berbahasa arab karena santri setiap hari membaca al-Quran yang berbahasa arab, mendirikan sholat dengan bahasa arab, mengaji kitab kuning yang berbahasa arab, bahkan bahasa ibu kita sendiri, bahasa indonesia banyak menyerap kosakata bahasa arab seperti kata : Berkah, Gizi, saham, walau, rela, mungkin, derajat, kabar, resmi, soal, jenis, rezeki, masalah , lafal, katulistiwa, menara. Dll. Berdasarkan penelitian  Russel John (1978) ditemukan sejumlah 2.750 Kosakata serapan dalam bahasa indonesia yang berasal dari bahasa Arab. [Penelitian Kosakata bahasa arab dalam bahasa indonesia, Dipedikbud, 1993]

Mempelajari bahasa Arab sangatlah penting utamanya bagi santri. Tidak hanya bahasa arab bermanfaat untuk mengkasi Al-Quran dan hadits namun lebih dari itu, Umar bin Khaththab RA berkata:
تعلموا العربية فإنها تثبت العقل وتزيد فى المروءة
Pelajarilah bahasa Arab, karena sesungguhnya bahasa Arab itu dapat menguatkan kecerdasan dan menambah harga diri [HR Al-Baihaqi]

Dan kini bahasa Arab tidak hanya dipelajari oleh orang islam atau orang di negara muslim seperti di indonesia, ternyata di Jerman para insinyur teknik banyak yang mempelajari bahasa Arab. Mengapa demikian? karena mempelajari bahasa arab akan mendatangkan keuntungan untuk mereka diantaranya adalah merebut kesempatan kerja di negara-negara  Arab yang kaya minyak dimana bangsanya menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar. Dan kini, lebih dari 422 juta jiwa diseluruh penjuru dunia menggunakan Bahasa Arab sebagai Bahasa sehari-hari mereka, terlebih di Timur Tengah dan Afrika Utara. 

Dan ternyata sekarang Bahasa Arab sudah menjadi Bahasa resmi dunia. pada tanggal 18 Desember 1973, Bahasa Arab resmi terdaftar dan menjadi Bahasa Internasional yang masuk kedalam kesepakatan UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) dan selanjutnya tanggal 18 Desember itu pula ditetapkan oleh UNESCO sebagai Hari Bahasa Arab Sedunia dan berada dalam urutan ke-6 dari 22 Bahasa Negara diseluruh dunia. Hal ini mengingat Bahasa Arab mempunyai peran besar dalam membangun peradaban di dunia sampai di era modern sekarang, betapa tidak, Banyak ilmuwan dunia ternyata copy paste dari ilmuwan-ilmuwan sebelumnya yang notabene adalah ilmuwan muslim dan Bahasa yang digunakan oleh ilmuan muslim itu adalah Bahasa Arab. 

Akhirnya, kami berterimakasih kepada GERBANG (Pergerakan Bahasa Asing) AN-NUR 2 berikut semua pengurusnya, teriring doa semoga jerih payah yang selama ini telah dikerahkan dapat membuahkan hasil yang lebih maksimal tidak hanya dalam bahasa arab namun juga bahasa inggris. Semoga kalian semua dapat membuat Guru kita, Syaikhina KHM Badruddin bahagia dan bangga dengan PP AN-Nur 2 tercinta ini serta ridlo terhadap kalian. Amin.

Wassalam.
Bululawang, 27 Rajab 1440
           2 April 2019



Dr.H.Fathul Bari Badruddin, SS,.M.Ag

1 komentar: