Jumat, 17 Januari 2020

KERAJAAN MIMPI


ONE DAY ONE HADITH

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Nabi SAW bersabda:
الرُّؤْيَا ثَلَاثٌ فَرُؤْيَا حَقٌّ وَرُؤْيَا يُحَدِّثُ بِهَا الرَّجُلُ نَفْسَهُ وَرُؤْيَا تَحْزِينٌ مِنْ الشَّيْطَانِ
 “Mimpi itu ada tiga; mimpi yang benar, mimpi yang dibisikkan oleh jiwa seseorang, dan mimpi dari kesedihan yang dibuat setan, [HR Turmudzi]

Catatan Alvers

Keraton Agung Sejagat yang berlokasi di Purworejo Jawa Tengah, membikin heboh dan menjadi perbincangan publik di dunia nyata maupun jagat maya. Mulai dikenal publik, setelah mereka mengadakan acara Wilujengan dan Kirab Budaya pada 10/1/2020. Keraton ini dipimpin oleh seseorang yang dipanggil Sinuwun yang bernama asli Totok Santosa Hadiningrat dan istrinya yang dipanggil Kanjeng Ratu yang memiliki nama Dyah Gitarja dengan pengikut sekitar 450 orang.


Berawal dari wangsit yang menyatakan bahwa Keraton Agung Sejagat merupakan kerajaan dunia pasca berakhirnya perjanjian 500 tahun antara Dyah Ranawijaya sebagai penguasa imperium Majapahit dengan Portugis sebagai wakil bekas koloni Kekaisaran Romawi di Malaka tahun 1518, sejak hilangnya Kemaharajaan Nusantara, yaitu imperium Majapahit pada 1518 sampai dengan 2018. Dengan demikian berakhirlah dominasi kekuasaan Barat dalam mengontrol dunia yang didominasi oleh Amerika Serikat setelah Perang Dunia II sehingga kekuasaan tertinggi harus dikembalikan ke pemiliknya, yaitu Keraton Agung Sejagat sebagai penerus Medang Majapahit yang merupakan Dinasti Sanjaya dan Syailendra. [Indozone.id]

Sebagaimana disebutkan tadi, bahwa pendirian kerajaan ini adalah berdasarkan wangsit. Apa itu wangsit? wangsit diartikan sebagai pesan (amanat) gaib: [kbbi web id] atau sering juga dikenal dengan bisikan ghaib. Bisikan ghaib semacam ini juga yang telah menjadikan berbagai masalah mulai mengaku menjadi raja, mengaku-ngaku menjadi nabi, bahkan ada kasus membunuh orang lain.

Mereka menganggap bisikan ghaib yang diterima mepupakan suatu kebenaran  yang harus direalisasikan padahal bisa saja bisikan atau wangsit yang demikian berasal dari Jin atau Syaita terlebih pemahaman Agama dangkal dan akal sehatnya kurang difungsikan sebagai  pijakan tolak ukur sebuah kebenaran.

Bisikan hati seperti ini dalam bahara arab disebut dengan al-khawathir jika dilihat dari sumbernya, maka terbagi dalam beberapa macam. Imam Qusyairi berkata :
1. Jika sumber bisikan hati tersebut berasal dari malaikat maka disebut dengan ilham.
2. Jika berasal dari nafsu maka disebut dengan Hawajis.
3. Jika berasal dari setan maka disebut dengan was-was.
4. Jika berasal dari Allah maka disebut dengan Khathir Haqq. [Risalah Qusyairiyah]

Sumber bisikan hati itu biasanya bisa diketahui dengan arah ajakannya. Jika ia mengajak kepada kebaikan yang sesuai dengan ajaran islam maka ia adalah bisikan malaikat atau ilham. Ajakan dari bisikan nafsu atau hawajis biasanya berupa melakukan maksiat. Sementara ajakan dari bisikan nafsu mengarah kepada memperturutkan syahwat, merasa besar atau sombong dan perilaku lainnya yang sesuai dengan hawa nafsu. Syaikh Aba Aly Ad-Daqqaq : Barang siapa makanannya berupa barang haram maka ia tidak akan mampu menbedakan antara ilham dan was-was. [Risalah Qusyairiyah]

Maka hendaklah kita mengetahui hakikat macam-macam bisikan tersebut sehingga terhindar dari kejelekan. Pernah suatu ketika syeikh Abdul Qadir mendapati cahaya memenuhi ufuk dan kemudian terdapat suatu rupa yang menyeru :
يا عبد القادر أنا ربك وقد أحللت لك المحرمات
“Wahai Abdul Qadir, Aku adalah tuhanmu. Dan Aku telah menghalalkan segala yang haram untukmu”.
Lalu Syeikh Abdul Qadir Jailani menghardik “Pergilah wahai yang terlaknat!”. Lalu seketika itu cahaya menjadi kegelapan dan rupa berubah menjadi asap lalu berkata kepadaku:
يا عبد القادرنجوت مني بعلمك بأمر ربك وفقهك فى أحوال منزلاتك ولقد أضللت بهذه الواقعة سبعين من أهل الطريقة
“Wahai Abdul Qadir, engkau telah selamat dari (tipu daya)ku sebab engkau mengetahui urusan (hakikat) tuhanmu dan kesadaranmu akan kedudukanmu (di sisi-Nya). Sungguh aku telah menyesatkan dengan cara ini sebanyak 70 orang ahli thariqat.”
Abdul Qadir menimpali : “ Hanya milik Allah-lah anugerah dan keutamaan itu”. Lalu setelah mendengar kisah ini, orang-orang bertanya, bagaimana bisa engkau mengetahui bahwa ia adalah setan? Maka Syeikh menjawab : dengan perkataannya “Aku telah menghalalkan segala yang haram untukmu”. [At-Thabaqat AL-Kubra Lis Sya’rani]

Adakalanya juga wangsit itu berupa mimpi maka hendaklah kita tahu bahwa tak semua mimpi yang datang adalah sebuah kebenaran sebagaimana hadits utama di atas. Dalam redaksi lain disebutkan :
الرُّؤْيَا ثَلَاثٌ حَدِيثُ النَّفْسِ وَتَخْوِيفُ الشَّيْطَانِ وَبُشْرَى مِنْ اللَّهِ
“Mimpi itu ada tiga macam: bisikan hati, ditakut-takuti setan, dan kabar gembira dari Allah.” [HR Bukhari]

Maka teruslah belajar dan bertanya kepada ahli ilmu terhadap sesuatu yang belum kita ketahui supaya terhindar dari tipu daya setan dan nafsu yang hendak menjerumuskan manusia ke neraka. Wallahu A’lam. Semoga Allah Al-Bari membuka hati kita untuk terus menimba ilmu yang bisa membedakan antara yang haq dan yang bathil.

Salam Satu Hadits,
Dr. H. Fathul Bari Alvers

Pondok Pesantren Wisata
AN-NUR 2 Malang Jatim
Sarana Santri ber-Wisata Rohani Wisata Jasmani
Ayo Mondok! Mondok Itu Keren Lho!

NB.
Hak Cipta berupa Karya Ilmiyah ini dilindungi oleh Allah SWT. Mengubah dan menjiplaknya akan terkena hisab di akhirat kelak. *Silahkan Share tanpa mengedit artikel ini*. Sesungguhnya orang yang copas perkataan orang  lain tanpa menisbatkan kepadanya maka ia adalah seorang pencuri atau peng-ghosob dan keduanya adalah tercela [Imam Alhaddad]



0 komentar:

Posting Komentar