Friday, September 22, 2023

DIMANAKAH TAMAN SURGA?

 

ONE DAY ONE HADITH

 

Diriwayatkan dari Abdillah bin Zaid Al-Maziny RA, Rasul SAW bersabda :

مَا بَيْنَ بَيْتِي وَمِنْبَرِي رَوْضَةٌ مِنْ رِيَاضِ الْجَنَّةِ

“Antara rumahku (Makam) dan mimbarku adalah taman (raudlah) dari taman-taman surga” [HR Bukhari]

 

Catatan Alvers

 

Raudlah adalah tempat yang berada di antara rumah Nabi  dan mimbar. Dimanakah posisi rumah Nabi?  rumah beliau sekarang menjadi makam beliau yang berada di dalam masjid nabawi. Mengapa beliau di makamkan di dalam rumahnya? Bukan di pemakaman baqi’ atau lainnya. Sayyidah Aisyah RA berkata : ketika Rasul SAW wafat maka para sahabat berbeda pendapat dalam menentukan dimana beliau akan dimakamkan. Maka Abu Abakar RA berkata : Aku mendengar dari Nabi SAW sesuatu yang aku tidak melupakannya. Beliau bersabda :

مَا قَبَضَ اللَّهُ نَبِيًّا إِلَّا فِي الْمَوْضِعِ الَّذِي يُحِبُّ أَنْ يُدْفَنَ فِيهِ

Tidaklah Allah mewafatkan seorang nabi melainkan di tempat dimana ia suka dikubur di tempat tersebut. [HR Turmudzi]

 

Lantas Abu bakar RA berkata : “Kuburkanlah beliau di lokasi tempat ranjangnya”. Lalu para sahabat menyingkirkan ranjangnya dan menggali kubur di tempat ranjang tersebut. [Mushannaf Ibnu Abi Syaibah]

Posisi rumah atau kuburan Nabi ditandai dengan kubah hijau di atasnya. Kubah hijau yang dikenal dengan nama Qubbatul Khadra' dibangun pada masa pemerintahan Sultan Mahmud (1233 H), dan kini menjadi ciri khas atau identitas Masjid Nabawi.

 

Jadi ketika Anda berada di dalam masjid nabawi, di arah belakang mihrab atau tempat Imam melaksanakan shalat fardlu dan Anda menghadap ke kiblat maka Anda akan menemukan di arah kiri adalah makam beliau dan di arah kanan adalah mimbar beliau. Diantara keduanya itulah yang dinamakan raudlah. Panjang dari arah timur ke barat sepanjang 22 meter dan lebar dari utara ke selatan 15 meter. Sehingga Luas Raudlah adalah 144 meter persegi.

 

Tidak semua orang yang masuk ke masjid nabawi mengetahui posisi raudlah ini. Pernah ketika saya menunggu shalat ashar di masjid nabawi, ada seorang pemuda berjubah dan bersorban khas arab saudi bertanya kepada saya, di mana posisi raudlah? Dia berasal dari kota jeddah yang tentunya jauh lebih dekat ke madinah daripada Indonesia. Kemudian saya tunjukkan lokasinya yang kebetulan berada di posisi sebelah kiri sekitar lima meter di mana kami berada saat itu.

 

Dalam hadits utama di atas dinyatakan bahwa raudlah adalah taman dari taman-taman surga” [HR Bukhari]. Apa maksud dari keberadaan lokasi tersebut sebagai taman surga? Ibnu Hajar Al-Asqalany berkata : Para ulama berbeda pendapat mengenai maksud keberadaan lokasi tersebut sebagai taman surga. Berikut ada 3 pendapat yang disusun mulai dari pendapat yang terkuat. (1) Lokasi tersebut diserupakan taman surga karena sama-sama mendatangkan rahmat dan kebahagiaan sebab seseorang mengikuti halaqah dzikir terlebih semasa hidupnya Nabi SAW. Maka dalam perkataan tersebut terdapat penyerupaan tanpa menyebutkan “adat tasybih” (lazimnya disebut dengan tasybih muakkad). (2) Beribadah di lokasi tersebut akan menyebabkan seseorang masuk surga. Maka perkataan tersebut adalah majaz (bermakna kiasan). (3) Lokasi tersebut dikatakan sebagai taman sebenar-benarnya secara dzahir, karena lokasi tersebut akan dipindah ke lokasi surga di akhirat nanti. [Fathul Bari]

 

Apakah Raudlah itu tempat mustajabah? Saya tidak menemukan dalil hadits yang spesifik yang mengatakan bahwa raudlah adalah tempat doa mustajabah namun Mufti mesir, Doktor Ali Jum’ah mengatakan “Sesungguhnya keutamaan raudlah adalah ia sebagai tempat dimana doa dikabulkan. Barang siapa yang dianugerahi Allah bisa berziarah ke masjid nabawi maka hendaknya ia shalat dua rekaat di raudlah lalu berdoa sesuai hajatnya insyaAllah ia akan mendapatkan hajatnya. [www mostgab com]

 

Wallahu A’lam. Semoga Allah al-Bari membuka hati dan fikiran kita untuk mempelajari segala sesuatu baik ibadah yang akan dikerjakan maupun tempat yang akan dikunjungi sehingga kita melakukan satu ibadah dengan benar dan tempat yang benar.

0 komentar:

Post a Comment