إنَّ اللّهَ أَوْحَىٰ إِلَيَّ أَنْ تَوَاضَعُوا حَتَّىٰ لاَ يَفْخَرَ أَحَدٌ علىٰ أَحَدٍ، وَلاَ يَبْغِيَ أَحَدٌ عَلَىٰ أَحَدٍ

"Sesungguhnya Allah telah mewahyukan kepadaku untuk menyuruh kalian bersikap rendah hati, sehingga tidak ada seorang pun yang membanggakan dirinya di hadapan orang lain, dan tidak seorang pun yang berbuat aniaya terhadap orang lain." [HR Muslim]

أَرْفَعُ النَّاسِ قَدْرًا : مَنْ لاَ يَرَى قَدْرَهُ ، وَأَكْبَرُ النَّاسِ فَضْلاً : مَنْ لَا يَرَى فَضْلَهُ

“Orang yang paling tinggi kedudukannya adalah orang yang tidak pernah melihat kedudukannya. Dan orang yang paling mulia adalah orang yang tidak pernah melihat kemuliannya (merasa mulia).” [Syu’abul Iman]

الإخلاص فقد رؤية الإخلاص، فإن من شاهد في إخلاصه الإخلاص فقد احتاج إخلاصه إلى إخلاص

"Ikhlas itu tidak merasa ikhlas. Orang yang menetapkan keikhlasan dalam amal perbuatannya maka keihklasannya tersebut masih butuh keikhlasan (karena kurang ikhlas)." [Ihya’ Ulumuddin]

عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِى إِلَى الْبِرِّ وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِى إِلَى الْجَنَّةِ وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَصْدُقُ وَيَتَحَرَّى الصِّدْقَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ صِدِّيقًا

"Hendaklah kalian senantiasa berlaku jujur, karena sesungguhnya kejujuran akan megantarkan pada kebaikan dan sesungguhnya kebaikan akan mengantarkan pada surga. Jika seseorang senantiasa berlaku jujur dan berusaha untuk jujur, maka dia akan dicatat di sisi Allah sebagai orang yang jujur." [HR Muslim]

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوْبِ، ثَبِّتْ قَلْبِيْ عَلَى دِيْنِكَ.

“Ya Allah, Dzat yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku pada agamaMu.”[HR Ahmad]

Sunday, April 7, 2024

MENELPON ALLAH

ONE DAY ONE HADITH

 

Diriwayatakan dari Abu Hurairah RA, Rasul SAW bersabda :

مَنْ رَآنِي فِي الْمَنَامِ فَقَدْ رَآنِي فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لَا يَتَمَثَّلُ بِي

Barang siapa yang melihatku dalam mimpi maka sungguh ia telah melihat aku karena setan tidak bisa menyerupai wujudku. [HR Muslim]

 

Catatan Alvers

 

Jemaah Masjid Aolia di Gunungkidul, DIY merayakan Idul Fitri dan menggelar Salat Ied, Jumat (5/4/2024) kemarin, jauh lebih awal dibandingkan dari penetapan pemerintah. Selaku Imam, pria yang akrab disapa Mbah Benu mengungkapkan dasarnya. Ia berkata : "Saya tidak pakai perhitungan (untuk menentukan Idul Fitri). Saya telpon langsung kepada Allah SWT, 'Ya Allah ini sudah 29, satu syawalnya kapan?' Allah SWT mengatakan tanggal 5 Jumat". [suarapemredkalbar com] Sontak pernyataan sang imam tersebut menuai kontroversi karena penetapan idul fitri tidak berdasarkan aturan baku yaitu rukyah atau hisab, melainkan berdasarkan kepada “telpon” kepada Allah.

 

Memang Informasi dari Allah atau informasi Rasul dalam mimpi adalah satu kebenaran namun dalam hal ini ada beberapa hal yang dipermasalahkan. Pertama, memang bermimpi nabi adalah satu perkara yang benar sebagaimana disebutkan pada hadits utama yaitu Barang siapa yang melihatku dalam mimpi maka sungguh ia telah melihat aku karena setan tidak bisa menyerupai wujudku. [HR Muslim] Namun yang menjadi masalah apakah orang yang mengaku dirinya bermimpi Nabi betul-betul bermimpi dengan benar. Dari sinilah maka bermimpi nabi tidak bisa dijadikan dasar dalam penentuan idul fitri. Syeikh Zakaria Al-Anshari berkata :

وَلَا بِرُؤْيَةِ النَّبِيِّ - صلى الله عليه وسلم - فِي النَّوْمِ قَائِلًا غَدًا مِنْ رَمَضَانَ، لِبُعْدِ ضَبْطِ الرَّائِي، لَا لِلشَّكِّ فِي الرُّؤْيَةِ.

penentuan idul fitri tidak bisa didasarkan dengan melihat Nabi SAW dalam mimpi, dimana beliau bersabda bahwa besok adalah permulaan ramadhan (atau idul fitri) hal ini dikarenakan sulitnya memastikan kebenaran pengakuan sebuah mimpi, bukan karena meragukan kebenaran mimpi Nabi SAW. [Minahajut Thullab]

 

Ibnu Hajar al-haytami lebih lanjut menjelaskan: “Penentuan idul fitri tidak bisa didasarkan kepada mimpi melihat Nabi SAW, Muraqabah ataupun Kasyaf (terbukanya hijab). Maka haram hukumnya berpuasa atau berhari raya dengan berpedoman kepada hal-hal tersebut dan tidaklah bisa dijadikan pertimbangan hukum atas pengakuan bahwa seseorang mendengar dari sosok (Nabi) yang tidak bisa diserupai oleh setan dikarenakan tidak adanya cara untuk memastikan kebenaran dari pengakuan tersebut. Hukum Allah itu tidak bisa diterima kecuali dari lafadz atau instimbath (menggali hukum) adapun mimpi dan semacamnya tidak termasuk salah satu dari keduanya. Maka disini ada kontradiksi, jika demikian maka dipilihlah yang rajih, yaitu dalam kondisi terjaga (bukan mimpi)”. [Tuhfatul Muhtaj]

 

Kedua, seseorang tidaklah mampu melihat ataupun berkomunikasi dengan Allah SWT secara langsung. Abu Dzar RA pernah bertanya kepada Nabi SAW apakah beliau dapat melihat Allah secara langsung? Maka beliau menjawab :

نُورٌ أَنَّى أَرَاهُ

“(Terhalang oleh) cahaya, maka bagaimana bisa aku melihat-Nya”. [HR Muslim]

 

Ketidakmampuan manusia melihat Allah di dunia digunakan celah oleh setan untuk mengaku-ngaku sebagai Tuhan dengan menampakkan dirinya kepada ahli ibadah yang minim ilmu dan disinilah banyak orang disesatkan oleh setan. Hal ini sebagaimana pernah menimpa Syeikh Abdul Qadir al-Jailani. Pada satu malam terdapat cahaya yang besar memenuhi ufuk yang tampak kepda beliau kemudian terdengar suara :

يَا عَبْدَ الْقَادِرِ أَنَا رَبُّكَ، قَدْ حَلَّلْتُ تِلْكَ الْمُحَرَّمَاتِ

“Wahai Abdul Qadir. Aku adalah tuhanmu. Sungguh, Aku telah menghalalkan untukmu semua hal-hal yang haram.”

 

Lalu Syeikh Abdul Qadir berkata : “Enyahlah kau, wahai makhluk terkutuk!” Seketika itu, cahaya tersebut berubah menjadi gelap dan terdapat asap yang merupakan perwujudan setan berkata : “Wahai Abdul Qadir! engkau telah selamat dariku lantaran pengetahuanmu tentang Rabbmu dan ilmu fikihmu.

وَلَقَدْ أَضْلَلْتُ بِمِثْلِ هَذِهِ الْوَاقِعَةِ سَبْعِيْنَ مِنْ أَهْلِ الطَّرِيْقِ

Sungguh aku telah menyesatkan tujuh puluh orang dari kalangan ahli ibadah dengan cara seperti ini.” [At-Thabaqat Al-Kubra Lis Sya’rany]

 

Ketidakmampuan manusia berkomunikasi secara langsung dengan Allah ditegaskan oleh Allah SWT dalam firman : 

وَمَا كَانَ لِبَشَرٍ أَن يُكَلِّمَهُ اللَّهُ إِلَّا وَحْيًا أَوْ مِن وَرَاء حِجَابٍ أَوْ يُرْسِلَ رَسُولًا فَيُوحِيَ بِإِذْنِهِ مَا يَشَاء إِنَّهُ عَلِيٌّ حَكِيمٌ

Dan tidak mungkin bagi seorang manusia bahwa Allah berkata-kata dengan dia kecuali dengan perantaraan wahyu atau dibelakang tabir (seperti yang dialami oleh Nabi Musa AS) atau dengan mengutus seorang utusan (malaikat) lalu diwahyukan kepadanya dengan seizin-Nya apa yang Dia kehendaki. Sesungguhnya Dia Maha Tinggi lagi Maha Bijaksana. [As-Syura : 51]

 

 

Di sinilah pentingnya ilmu sehingga orang bisa terhindar dari jebakan setan karena ia bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Orang yang ahli ibadah namun minim ilmu, mereka menjadi sasaran empuk setan. Rasulullah SAW bersabda:

 فَقِيهٌ وَاحِدٌ أَشَدُّ عَلَى الشَّيْطَانِ مِنْ أَلْفِ عَابِدٍ

"Satu orang ahli fikih itu lebih berat bagi setan dari pada seribu ahli ibadah." [HR Ibnu Majah]

 

Ketiga, wahyu telah terputus pasca wafatnya Nabi SAW sehingga tidak ada lagi syariat melainkan bersumber dari Al-Quran dan hadits. Tidak lama setelah Rasulullah SAW wafat, Abu Bakar berkata kepada Umar; 'Ikutlah dengan kami menuju ke rumah Ummu Aiman untuk mengunjunginya sebagaimana Rasul mengunjunginya. Dan ketika kami telah sampai di tempatnya, Ummu Aiman pun menangis. Lalu mereka berdua berkata kepadanya; Kenapa kau menangisi beliau, bukankah apa yang ada di sisi Allah itu lebih baik bagi RasulNya SAW? Ia menjawab: Bukanlah aku menangis karena aku tidak tahu bahwa apa yang ada di sisi Allah itu lebih baik bagi RasulNya,

وَلَكِنْ أَبْكِي أَنَّ الْوَحْيَ قَدِ انْقَطَعَ مِنَ السَّمَاءِ

“akan tetapi aku menangis karena dengan wafatnya beliau berarti wahyu dari langit telah terputus”. [HR Muslim]

 

Dari sini jelaslah bahwa tidak ada wahyu dan syariat baru lagi pasca wafatnya Nabi SAW. Dengan demikian bahwa mimpi atau bisikan bahkan telepon yang disebut bersumber dari Allah itu bertentangan dengan syariat yang sudah ditetapkan oleh Nabi SAW dimana beliau bersabda :

صُومُوا لِرُؤْيَتِهِ وَأَفْطِرُوا لِرُؤْيَتِهِ فَإِنْ غُبِّيَ عَلَيْكُمْ فَأَكْمِلُوا عِدَّةَ شَعْبَانَ

"Berpuasalah kalian karena melihat hilal (hilal Ramadhan) dan berharirayalah kalian karena melihat hilal (hilal syawal), jika hilal terhalang awan maka sempurnakanlah bilangan bulan sya'ban (30 hari). [HR Bukhari]

Maka pernyataan sang imam masjid gunung kidul di atas nyata-nyata salah dan keliru. Jikapun bisikan itu benar adanya maka itu bukan bersumber dari Allah melainkan itu dari setan yang ingin menyesatkan manusia.

 

Wallahu A’lam. Semoga Allah al-Bari membuka hati dan fikiran kita untuk selalu mempelajari syariat dan berpegang teguh kepadanya sehingga kita bisa terhindar dari tipu daya dan rekayasa setan dan tidak mengikuti orang-orang yang disesatkan olehnya.

 

Salam Satu Hadits

Dr.H.Fathul Bari.,SS.,M.Ag

 

Pondok Pesantren Wisata

AN-NUR 2 Malang Jatim

Ngaji dan Belajar Berasa di tempat Wisata

Ayo Mondok! Mondok Itu Keren!

 

NB.

“Ballighu Anni Walau Ayah” Silahkan Share sebanyak-banyaknya kepada semua grup yang ada supaya sabda Nabi SAW  menghiasi dunia maya dan menjadi amal jariyah kita semua.


Wednesday, March 20, 2024

WAR TAKJIL

 

ONE DAY ONE HADITH

 

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Rasul SAW bersabda :

لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ

Orang yang berpuasa memiliki dua kebahagiaan, yaitu bahagia ketika berbuka dan bahagia ketika bertemu tuhannya. [HR Muslim]

 

Catatan Alvers

 

Pada Ramadan tahun 2024 kali ini, topik yang hangat di media sosial  yaitu “War takjil” (berburu makanan buka puasa yang juga dilakukan oleh non muslim). Momen ini memperlihatkan antusiasme masyarakat non-Islam yang disingkat dengan istilah “Nonis” dalam membeli makanan takjil. Bahkan viral video pendeta Gereja Tiberias Indonesia yang berkata : "Agama kita toleran, tapi takjil kita duluan. Jam 3 mereka masih lemas, jam 3 kita sudah stand by." [fakta com] ada juga pendeta yang memberi instruksi : “Disampaikan bagi seluruh jemaat bahwa pembukaan penjualan takjil dimulai pada jam 3 sore jadi diharapkan untuk tetap berburu takjil”. [ig obouthetic]

 

Terlepas dari pro kontra pendapat netizen, maka saya melihat bahwa fenomena ini semakin membuktikan kebenaran hadits Nabi SAW di atas yaitu : “Orang yang berpuasa memiliki dua kebahagiaan, yaitu bahagia ketika berbuka dan bahagia ketika bertemu tuhannya”. [HR Muslim] bahkan dari dahsyatnya sabda Nabi ini, mereka para nonis juga ikut bahagia dan senang dengan makanan takjil yang pada awalnya disiapkan hanya untuk dijual ke orang-orang  islam yang berpuasa. Subhanallah!.

 

Istilah takjil berasal dari bahasa Arab “Ta’jil” yang merupakan bentuk mashdar dari Fiil Madli Mudlari, Ajjala Yu’ajjilu yang artinya menyegerakan. Maka Takjil dalam kamus didefinisikan sebagai mempercepat berbuka puasa. [KBBI] Tentunya takjil ini dilaksanakan setelah masuk waktunya (maghrib). Imam Bukhari dalam Shahihnya menulis Bab ini secara khusus yaitu Babu Ta’jilil Ifthar (Bab mengenai menyegerakan berbuka puasa).

 

Disunnahkan untuk menyegerakan berbuka puasa jika sudah yakin maghrib tiba. Dan makruh  menunda buka puasa jika dilakukan dengan sengaja dan disertai keyakinan akan baiknya penundaan tersebut. [Ianatut Thalibin] Suatu ketika Abu Athiyyah dan Masruq (keduanya adalah tabi’in) bertanya kepada Aisyah. “Wahai Ummul Mukminin, Ada dua orang sahabat yang satu ia menyegerakan berbuka puasa dan menyegerakan shalat (maghrib) dan yang kedua, ia mengakhirkan berbuka dan mengakhirkan shalatnya”. Maka Aisyah pun bertanya, "Siapa yang menyegerakan berbuka dan shalat?" Mereka menjawab : "Abdullah (Ibnu Mas'ud)." Aisyah berkata :

كَذَلِكَ كَانَ يَصْنَعُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

"Seperti itulah yang diperbuat oleh Rasul SAW."

Abu Kuraib menambahkan : Orang kedua yang dimaksud adalah Abu Musa. [HR Muslim]  dan dalam riwayat lain redaksinya adalah orang yang menyegerakan berbuka puasa dan mengakhirkan sahur dan orang yang mengakhirkan berbuka puasa dan menyegerakan sahur. [HR An-Nasa’i]

 

Anas bin Malik berkata : Rasul SAW berbuka sebelum shalat mahgrib dengan beberapa Rutab (Kurma basah), jika tidak ada maka  dengan beberapa tamr (kurma kering) dan jika tidak ada, maka beliau minum beberapa teguk air. [HR Abu Dawud] Rasul SAW bersabda :

لَا يَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ

“Manusia senantiasa dalam kebaikan selama ia menyegerakan berbuka puasa.” [HR Bukhari]

Dalam riwayat lain terdapat tambahan :

عَجِّلُوا الْفِطْرَ فَإِنَّ الْيَهُودَ يُؤَخِّرُونَ

Segerakanlah berbuka puasa karena orang Yahudi mengakhirkan buka puasanya. [HR Ibnu Majah]

 

Menyegerakan berbuka puasa merupakan perilaku yang dicintai Allah. Dalam hadits disebutkan :

إِنَّ مِنْ أَحَبِّ الْعِبَادِ اِلَى اللهِ مَنْ كَانَ أَعْجَلَ إِفْطَارًا

Sesungguhnya hamba yang paling dicintai Allah adalah orang yang paling menyegerakan berbuka puasa. [HR Ibnu Hibban]

 

Tidak hanya menganjurkan, Nabi SAW sendiri juga melakukannya. Beliau bersabda :

أُمِرْنَا مَعَاشِرَ الأَنْبِيَاءِ أَنْ نُعَجِّلَ إِفْطَارَنَا وَنُؤَخِّرَ سُحُورَنَا وَنَضْرِبَ بِأَيْمَانِنَا عَلَى شَمَائِلِنَا فِى الصَّلاَةِ

Kami para Nabi, diperintahkan agar menyegerakan berbuka dan mengakhirkan sahur serta meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri ketika shalat.  [HR Daruqutni]

 

Para sahabat juga demikian, Amru bin Maimun berkata :

كَانَ أَصْحَابُ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَسْرَعَ النَّاسِ إِفْطَارًا وَأَبْطَأَهُ سُحُورًا

Para sahabat Nabi SAW mereka adalah orang yang paling awal berbuka dan paling akhir sahurnya. [Mushannaf Abdir Razzaq]

 

Dari uraian keutamaan takjil di atas maka wajar jika dalam hadits disebutkan :

مِنْ فِقْهِ الرَّجُلِ فِي دِيْنِهِ تَعْجِيْلُ فِطْرِهِ وَتَأْخِيْرُ سُحُوْرِهِ

Di antara tanda seseorang paham agamanya adalah menyegerakan berbuka puasanya dan mengakhirkan sahurnya. [HR Ibnu Asakir]

 

Selanjutnya mengenai sisi kebahagiaan berbuka puasa yang terdapat pada hadits utama di atas, Al-Qurthubi berkata : “bahagia yang dimaksud disebabkan lepasnya dahaga dan hilangnya lapar dengan berbuka puasa. Ini adalah kebahagiaan alamiyah dan ini adalah perkara yang dipahami secara spontan. Namun ada pendapat yang mengatakan bahwa kebahagiaan yang yang dimaksud adalah kebahagiaan karena seseorang bisa menyempurnakan puasanya, merampungkan ibadahnya dan mendapat dispensasi dari tuhannya serta pertolongan untuk puasa kedepannya”. Lalu ia berkata :

قُلْتُ وَلَا مَانِعَ مِنَ الْحَمْلِ عَلَى مَا هُوَ أَعَمُّ مِمَّا ذُكِرَ فَفَرْحُ كُلِّ أَحَدٍ بِحَسَبِهِ لِاخْتِلَافِ مَقَامَاتِ النَّاسِ فِي ذَلِكَ

Dan menurutku tidak ada masalah jika kebahagiaan itu dipahami dengan jangkauan yang lebih luas dari itu karena setiap akan orang merasakan kebahagiaan yang berbeda-beda sesuai dengan taraf kedudukannya masing-masing. [Fathul Bari]

 

Al-Baihaqi berkata : “Kebahagiaan tersebut dirasakan karena seseorang akan mendapatkan pahala yang luar biasa yang tak seorangpun tahu akan hakikatnya dan juga dikarenakan ia diperbolehkan untuk berbuka serta ia dilarang mengakhirkan bukanya sehingga ia menyambung puasa (wishal) dengan esok harinya, karena yang demikian itu akan dapat menyebabkan kebinasaannya. Dan lagi terdapat janji bahwa orang yang berpuasa akan mendapatkan doa mustajabah ketika berbuka serta harapan mendapatkan kebahagiaan kelak di hari kiamat karena mendapat pahala yang besar”. [Syu’abul Iman]

Wallahu A’lam. Semoga Allah al-Bari membuka hati dan fikiran kita untuk selalu meneladani sunnah Nabi dalam berpuasa sehingga kita bisa merasakan dua kebahagiaan karena puasa kita.

 

Salam Satu Hadits

Dr.H.Fathul Bari.,SS.,M.Ag

 

Pondok Pesantren Wisata

AN-NUR 2 Malang Jatim

Ngaji dan Belajar Berasa di tempat Wisata

Ayo Mondok! Mondok Itu Keren!

 

NB.

“Ballighu Anni Walau Ayah” Silahkan Share sebanyak-banyaknya kepada semua grup yang ada supaya sabda Nabi SAW  menghiasi dunia maya dan menjadi amal jariyah kita semua.

Monday, March 18, 2024

PERUMPAMAAN LEBAH

 

ONE DAY ONE HADITH

 

Diriwayatkan dari Abdullah bin Amru  RA, Rasul SAW bersabda :

إِنَّ مَثَلَ الْمُؤْمِنِ لَكَمَثَلِ النَّحْلَةِ أَكَلَتْ طَيِّبًا وَوَضَعَتْ طَيِّبًا وَوَقَعَتْ فَلَمْ تُكْسرْ وَلَمْ تفْسدْ

 “Sesungguhnya perumpamaan mukmin itu bagaikan lebah. Ia selalu memakan yang baik dan mengeluarkan yang baik. Ia hinggap (di ranting) namun tidak membuatnya patah dan rusak.” [HR Ahmad]

 

Catatan Alvers

 

Lebah dijadikan perumpamaan dari kondisi seorang mukmin. Dalam hadits di atas, Rasul SAW menyebutkan dua perkara. Pertama, lebah selalu memakan yang baik. Lihatlah lebah, Ia hanya mendatangi bunga-bunga atau tempat bersih lainnya yang mengandung madu atau nektar. Ia tidak pernah terlihat hinggap di tempat sampah atau kotoran. Seperti itu pula seharusnya seorang mukmin, ia hanya memakan makanan yang halal lagi baik yang dihasilkan dari pekerjaan yang halal dan baik serta menjauhi makanan haram.  Allah SWT berfirman :

فَكُلُوا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللَّهُ حَلَالًا طَيِّبًا

“Makanlah kalian semua dari rezeki Allah yang halal lagi baik” [QS An-Nahl: 114]

Kedua, lebah itu tatkala hinggap di pohon dan bunga ia tidak membuat kerusakan di sana, ia tidak membuat ranting patah ataupun bunga menjadi rusak. Bahkan kedatangannya membawa manfaat, ia membantu bunga-bunga untuk proses penyerbukan sehingga tumbuhan bisa berkembang biak. Seorang mukminpun hendaknya demikian, ia tidak melakukan kerusakan di muka bumi yang mendatangkan kerugian baik material maupun non-material, hal ini sebagaimana dilarang oleh Allah SWT :

وَلَا تُفْسِدُوْا فِى الْاَرْضِ بَعْدَ اِصْلَاحِهَا

"Janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah diatur dengan baik. ..." [QS Al-A'raf: 56]

Sebaliknya, ia harus menjadi pribadi yang bermanfaat untuk orang lainnya. Nabi SAW bersabda :

خَيْرُ النَّاسِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat untuk orang lainnya. [HR Thabrani]

Lebih dari itu, lebah menghasilkan madu yang bisa menjadi obat. Allah SWT berfirman :

يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ

“Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia...” [QS An-Nahl : 69]

 

Dahulu ada seseorang datang kepada Rasul SAW seraya berkata, “Sesungguhnya saudaraku perutnya mulas (diare).” Maka beliau bersabda, “Minumkan madu kepadanya,” kemudian orang itu memberinya madu. Kemudian orang itu datang lagi seraya berkata, “Ya Rasul aku telah memberinya madu, tetapi perutnya bertambah mulas.” Rasul bersabda, “Pergilah dan minumkan lagi madu kepadanya.” Maka orang itu pergi dan memberinya lagi madu, kemudian orang itu datang lagi seraya berkata, “Ya Rasul, perutnya justru bertambah mulas,” kemudian Rasul bersabda :

صَدَقَ اللّٰهُ وَكَذَبَ بَطْنُ اَخِيْكَ

“Allah benar dan perut saudaramu berdusta”.

Pergilah dan beri madu lagi saudaramu itu.” Lalu orang itu pergi dan memberinya lagi madu, kemudian ia pun sembuh.” [HR Bukhari]

 

Dalam hadits lain disebutkan :

اَلشِّفَاءُ فِي ثَلَاثَةٍ: فِي شَرْطَةِ مَحْجَمٍ اَوْ شُرْبَةِ عَسَلٍ اَوْ كَيَّةٍ بِنَارٍ وَأَنَا أَنْهَى اُمَّتِي عَنِ الْكَيِّ

 “Obat itu ada tiga perkara yaitu mengeluarkan darah dengan bekam, minum madu dan Kayya (membakar kulit dengan panas), dan aku melarang umatku melakukan kayy.” [HR Bukhari]

 

Karena ada ayat yang menyatakan bahwa madu menjadi obat maka Ibnu umar tidaklah terkena borok atau lainnya melainkan ia mengobatinya dengan madu. Ia pernah memiliki bisul dan iapun mengolesinya dengan madu. [Hasyiyah As-Shawi] Madu menjadi obat, baik secara murni ataupun dengan dicampur. Auf bin Malik al-Asyja’iy ketika sakit, ada orang yang menawarkan obat. Orang itu berkata : Datangkanlah air kepadaku karena Allah berfiman : “Aku menurunkan dari langit air yang berkah”. Lalu datangkan lagi madu karena Allah berfirman : “Di dalamnya terdapat obat”. Dan datangkan pula minyak zaitun, karena Allah berfirman : “ia berasal dari pohon yang diberkahi”. Setelah semua didatangkan maka orang itu mencampurkannya. Lalu racikan itu diminum oleh Auf dan iapun sembuh dari sakitnya. [Al-Jami’ Li Ahkamil Qur’an]

 

Jika lebah mengeluarkan madu yang menjadi obat maka orang mukmin harus mengeluarkan perkataan yang menjadi obat untuk orang lain. Perkataan yang menyejukkan, menentramkan dan menjadikan pendengarnya berlapang hati dan bahagia terlepas apapun yang menimpanya. Tidak semestinya orang mukmin berkata-kata kecuali yang baik. Rasul SAW bersabda :

مَنْ كَانَ يُؤمِنُ بِاللهِ وَاْليَوْمِ الآخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْراً أَو لِيَصْمُتْ

“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah dia berkata baik atau diam.” [HR Bukhari]

 

Lebah dijadikan salah satu nama surat dalam Al-Qur’an yaitu An-Nahl. Lebah memiliki keajaiban bukan hanya karena madu yang dihasilkannya yang bisa menjadi makanan dan obat namun masih ada lainnya. Prof. Qurais Shihab mengemukakan diantaranya (1) jenis lebah ada yang jantan dan betina bahkan ada yang bukan jantan dan bukan betina. (2) sarang-sarangnya tersusun dalam bentuk lubang-lubang yang sama bersegi enam dan diselubungi oleh selaput yang sangat halus menghalangi udara atau masuknya bakteri, (3) sistem kehidupannya yang penuh disiplin dan dedikasi di bawah pimpinan seekor "ratu" (4) Ratu tidak hubungan seksual dengan salah satu anggotanya yang berjumlah sekitar tiga puluh ribu ekor. Hal ini dikarenakan sang ratu memiliki rasa "malu". (5) Lebah memiliki bentuk bahasa dan cara berkomunikasi yang unik, Sebagaimana dipelajari oleh seorang ilmuwan Austria, Karl Van Fritch. [Membumikan Al-Qur’an]

 

Lebih lanjut Al-Munawi menjelaskan sisi kesamaan anatara mukmin dan lebah, beliau berkata : “Sisi kesamaannya adalah bahwa lebah itu cerdas, ia jarang menyakiti, rendah (tawadlu), bermanfaat, selalu merasa cukup (qona’ah), bekerja di waktu siang, menjauhi kotoran, makanannya baik, ia tak mau makan dari hasil kerja pihak lain, amat taat kepada pemimpinnya. [Faidlul Qadir]

 

Wallahu A’lam. Semoga Allah al-Bari membuka hati dan fikiran kita untuk meniru kebaikan lebah sehingga kita menjadi mukmin yang diharapkan Nabi SAW.

 

Salam Satu Hadits

Dr.H.Fathul Bari.,SS.,M.Ag

 

Pondok Pesantren Wisata

AN-NUR 2 Malang Jatim

Ngaji dan Belajar Berasa di tempat Wisata

Ayo Mondok! Mondok Itu Keren!

 

NB.

“Ballighu Anni Walau Ayah” Silahkan Share sebanyak-banyaknya kepada semua grup yang ada supaya sabda Nabi SAW  menghiasi dunia maya dan menjadi amal jariyah kita semua.

Sunday, March 17, 2024

KEISTIMEWAAN SUSU

 

ONE DAY ONE HADITH

 

Diriwayatkan dari Tharib bin Syihab RA, Rasul SAW bersabda :

إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ لَمْ يَضَعْ دَاءً إِلَّا وَضَعَ لَهُ شِفَاءً فَعَلَيْكُمْ بِأَلْبَانِ الْبَقَرِ فَإِنَّهَا تَرُمُّ مِنْ كُلِّ الشَّجَرِ

“Sesungguhnya Allah ‘Azza Wajalla tidak menurunkan penyakit kecuali menurunkan obatnya. Hendaklah kalian meminum susu sapi, karena sapi itu memakan berbagai berbagai macam tumbuhan” [HR Ahmad]

 

Catatan Alvers

 

Makanan “4 sehat 5 sempurna” merupakan istilah yang tidak asing bagi kita.  4 makanan yang dimaksud adalah makanan pokok, aneka lauk pauk, sayur, buah, dan 5 sempurna adalah susu. Kini, Slogan tersebut dikembangkan menjadi istilah PGS (Pedoman Gizi Seimbang).[ cnnindonesia.com] Susu merupakan nutrisi penyempurna bagi kecukupan gizi yang dibutuhkan manusia. Mulai dari bayi baru lahir hingga mereka yang sudah lanjut usia pun membutuhkan susu. Hal ini karena susu mengandung banyak zat gizi penting dan nutrisi alami yang sangat bermanfaat, diantaranya kalsium, vitamin D, vitamin A, zinc, zat besi, tiamin, asam amino, dan berbagai zat gizi penting lainnya yang dibutuhkan tubuh. [sumbarprov.go.id]

 

Jauh sebelum digaungkannya istilah 4 sehat 5 sempurna dan jauh sebelum dunia medis menemukan berbagai kandungan gizi dan nutrisi, Nabi SAW telah menganjurkan kita untuk minum susu. Dalam hadits utama di atas disebutkan : “Sesungguhnya Allah ‘Azza Wajalla tidak menurunkan penyakit kecuali menurunkan obatnya. Hendaklah kalian meminum susu sapi, karena sapi itu memakan berbagai berbagai macam tumbuhan” [HR Ahmad]

 

Dan Al-Quran secara khusus telah menjelaskan keistimewaan susu. Allah SWT berfirman :

وَإِنَّ لَكُمْ فِي الْأَنْعَامِ لَعِبْرَةً نُسْقِيكُمْ مِمَّا فِي بُطُونِهِ مِنْ بَيْنِ فَرْثٍ وَدَمٍ لَبَنًا خَالِصًا سَائِغًا لِلشَّارِبِينَ

“Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari pada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara kotoran dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya.” [QS: an-Nahl : 66].

 

Susu terdapat di antara kotoran dan darah, namun susu itu tidak terkontaminasi sedikitpun olehnya. Ibnu Katsir berkata : “Jika makanan telah tercerna diperut (binatang), maka (makanan itu) ada yang menjadi darah yang dialirkan ke pembuluh darah, ada yang menjadi susu ke puting dan ada yang menjadi air kencing ke kantung kemih”[Tafsir Ibnu Katsir]

 

Dari keistimewaan susu ini maka Rasul SAW membedakan doa ketika minum susu dan minum selainnya. Doa minum susu, yaitu :

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيهِ , وَزِدْنَا مِنْهُ

“ya Allah berilah keberkahan kepada kami dalam susu ini dan karuniakan kami lebih banyak dari susu ini” [HR Abu Dawud]

Sementara doa makan minum selain susu adalah :

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيهِ وَأَطْعِمْنَا خَيْرًا مِنْهُ

Ya Allah, berkahilah kami pada makanan ini dan berilah kami makanan yang lebih baik darinya [HR Abu Dawud]

Dalam Doa makan terdapat permohonan agar diberikan makanan yang lebih baik, namun ketika meminum susu maka permohonan tersebut ditiadakan dan diganti dengan permohonan agar diberi tambahan rizki berupa susu lagi. Menurut Al-Mubarakfuri hal ini dikarenakan tidak adanya makanan atau minuman yang lebih baik untuk memenuhi lapar dan haus dari pada susu. [Tuhfatul Ahwadzi] dan Beliau sendiri menegaskan dalam rangkaian sabdanya :

فَإِنَّهُ لَيْسَ شَيْءٌ يُجْزِئُ مِنْ الطَّعَامِ وَالشَّرَابِ إِلَّا اللَّبَنُ

Sesungguhnya tiada ada sesuatu yang dapat mencukupi sebagai asupan makanan dan minuman selain susu” [HR Abu Dawud]

 

As-Syawkany berkata : Dari hadits tersebut jelaslah bahwa susu itu lebih baik dari pada madu yang mana ia adalah obat namun sisi terbaiknya adalah dari segi mengenyangkan dan melepas dahaga. Adapun dari sisi obat dan rasa manis maka madu itu lebih baik daripada susu. Jadi masing-masing punya kelebihan. [Naylul Awthar]

 

Tidak hanya mengandung gizi, menurut Ibnu Qayyim Al-Jauziah minum susu bisa membebaskan seseorang dari waswas, rasa murung dan penyakit Melankolia (gangguan mood depresi non-spesifik, yang ditandai dengan rendahnya tingkat antusiasme dan keinginan untuk berkegiatan). [At-thibb An-Nabawy]

 

Rasul SAW sendiri meminum susu. Ibnu Abbas RA berkata : Rasul SAW minum susu lalu beliau berkumur-kumur. Beliau lantas bersabda : “Sesungguhnya susu itu mengandung lemak.” [HR Bukhari] Bahkan sewaktu Isra’ beliau disodori dua gelas, yang satu berisi susu dan dan yang satu lagi berisi khamr. Maka Jibril berkata : Ambillah mana yang engkau suka. Maka beliau memilih gelas yang berisi susu (lalu meminumnya). Maka Jibril berkata :

أَصَبْتَ الْفِطْرَةَ أَمَا إِنَّكَ لَوْ أَخَذْتَ الْخَمْرَ غَوَتْ أُمَّتُكَ

Engkau menepati fitrah. Ingat, seandainya engkau mengambil khamr, niscaya umatmu akan tersesat” [HR Bukhari]

 

Rasul juga menganjurkan agar kita tidak menolak susu pemberian orang lain. Rasul SAW bersabda :

ثَلَاثٌ لَا تُرَدُّ الْوَسَائِدُ وَالدُّهْنُ وَاللَّبَنُ الدُّهْنُ

“Tiga hal yang tidak boleh ditolak jika diberi: bantal, minyak wangi dan susu”[HR Tutmudzi]

 

Boleh meminum susu yang dicampur dengan Air. Anas bin Malik RA berkata :

أَتَانَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي دَارِنَا هَذِهِ فَاسْتَسْقَى فَحَلَبْنَا لَهُ شَاةً لَنَا ثُمَّ شُبْتُهُ مِنْ مَاءِ بِئْرِنَا هَذِهِ

Suatu ketika Rasul SAW mendatangi rumahku ini lalu beliau meminta minuman lalu kami memerah susu kambing kemudian aku campuri dengan air dari sumur ini. [HR Bukhari]

Yang tidak boleh adalah menjual susu yang dicampuri air namun dikatakan sebagai susu murni tanpa campuran karena ini adalah penipuan. Dikisahkan bahwa ada pengembala hewan ternak yang mencampurkan susu dengan air dan ia berkata kalau susu tersebut susu yang murni hingga pada suatu hari terjadi banjir yang membinasakan hewan ternaknya. Lalu si pengembala bermimpi dan di dalam mimpinya ia diberitahu :

إِنَّهُ تِلْكَ الْقَطَرَاتُ الَّتِي شُبْتَ بِهَا اللَّبَنَ فَاجْتَمَعَتْ وَصَارَتْ سَيْلاً

Sesungguhnya banjir itu adalah tetesan-tetesan air yang engkau campurkan ke dalam susu yang engkau jual, lalu terkumpul dan menjadi banjir.” [Miftah Daaris Sa’adah]

 

Sebagai minuman istimewa, susu tidak hanya ada di dunia tapi kelak di surga juga terdapat susu. Namun bedanya jika susu di dunia sudah kadaluwarsa maka akan berubah rasanya bahkan berubah dari bermanfaat menjadi berbahaya. Hal ini berbeda dengan susu disurga. Allah SWT berfirman :

فِيهَا أَنْهَارٌ مِنْ مَاءٍ غَيْرِ آسِنٍ وَأَنْهَارٌ مِنْ لَبَنٍ لَمْ يَتَغَيَّرْ طَعْمُهُ

di dalamnya (surga) ada sungai-sungai dari air yang tiada berubah (bau dan rasanya), sungai-sungai dari air susu yang tidak berubah rasanya... [QS Muhammad : 15]

 

Wallahu A’lam. Semoga Allah al-Bari membuka hati dan fikiran kita untuk memahami keajaiban penciptaan susu dan keistimewaannya. Mudah-mudahan kita tidak hanya bisa meminumnya di dunia tapi juga di surga kelak.

 

Salam Satu Hadits

Dr.H.Fathul Bari.,SS.,M.Ag

 

Pondok Pesantren Wisata

AN-NUR 2 Malang Jatim

Ngaji dan Belajar Berasa di tempat Wisata

Ayo Mondok! Mondok Itu Keren!

 

NB.

“Ballighu Anni Walau Ayah” Silahkan Share sebanyak-banyaknya kepada semua grup yang ada supaya sabda Nabi  menghiasi dunia maya dan menjadi amal jariyah kita semua.