إنَّ اللّهَ أَوْحَىٰ إِلَيَّ أَنْ تَوَاضَعُوا حَتَّىٰ لاَ يَفْخَرَ أَحَدٌ علىٰ أَحَدٍ، وَلاَ يَبْغِيَ أَحَدٌ عَلَىٰ أَحَدٍ

"Sesungguhnya Allah telah mewahyukan kepadaku untuk menyuruh kalian bersikap rendah hati, sehingga tidak ada seorang pun yang membanggakan dirinya di hadapan orang lain, dan tidak seorang pun yang berbuat aniaya terhadap orang lain." [HR Muslim]

أَرْفَعُ النَّاسِ قَدْرًا : مَنْ لاَ يَرَى قَدْرَهُ ، وَأَكْبَرُ النَّاسِ فَضْلاً : مَنْ لَا يَرَى فَضْلَهُ

“Orang yang paling tinggi kedudukannya adalah orang yang tidak pernah melihat kedudukannya. Dan orang yang paling mulia adalah orang yang tidak pernah melihat kemuliannya (merasa mulia).” [Syu’abul Iman]

الإخلاص فقد رؤية الإخلاص، فإن من شاهد في إخلاصه الإخلاص فقد احتاج إخلاصه إلى إخلاص

"Ikhlas itu tidak merasa ikhlas. Orang yang menetapkan keikhlasan dalam amal perbuatannya maka keihklasannya tersebut masih butuh keikhlasan (karena kurang ikhlas)." [Ihya’ Ulumuddin]

عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِى إِلَى الْبِرِّ وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِى إِلَى الْجَنَّةِ وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَصْدُقُ وَيَتَحَرَّى الصِّدْقَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ صِدِّيقًا

"Hendaklah kalian senantiasa berlaku jujur, karena sesungguhnya kejujuran akan megantarkan pada kebaikan dan sesungguhnya kebaikan akan mengantarkan pada surga. Jika seseorang senantiasa berlaku jujur dan berusaha untuk jujur, maka dia akan dicatat di sisi Allah sebagai orang yang jujur." [HR Muslim]

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوْبِ، ثَبِّتْ قَلْبِيْ عَلَى دِيْنِكَ.

“Ya Allah, Dzat yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku pada agamaMu.”[HR Ahmad]

Tuesday, April 11, 2023

AIR AJAIB

 

ONE DAY ONE HADITH

 

Diriwayatkan dari Jabir bin Abdillah RA, Rasul SAW bersabda :

مَاءُ زَمْزَمَ لمِاَ شُرِبَ لَهُ

Air zam-zam itu tergantung niat orang yang meminumnya. [HR Al-Hakim]

 

Catatan Alvers

 

Air zam-zam bukanlah air biasa. Air zam-zam adalah air terbaik di muka bumi. Baginda Nabi SAW bersabda :

خَيْرُ مَاءٍ عَلَى وَجْهِ الْأَرْضِ مَاءُ زَمْزَمَ فِيْهِ طَعَامٌ مِنَ الطُعْمِ وَشِفَاءٌ مِنَ السَّقَمِ

"Sebaik-baik air di muka bumi adalah air zamzam. Air tersebut mengandung makanan yang mengenyangkan dan obat dari segala penyakit." [HR Thabrani].

 

Bahkan Air zam-zam lebih baik dari air telaga kautsar. Imam Tajuddin As-Subky berkata:

وَأَفْضَلُ الْمِيَاهِ مَاءٌ قَدْ نَبَعْ :: مِنْ بَيْنِ أَصَابِعِ النَّبِيِّ الْمُتَّبَعْ

يَلِيْهِ مَاءُ زَمْزَمَ فَالْكَوْثَرِ :: فَنِيْلُ مِصْرَ ثُمَّ بَاقِي الْأَنْهُرِ

Air terbaik adalah air yang terpancar dari jari jemari Nabi SAW, lalu air zam-zam, kemudian air dari telaga kautsar, lalu air dari sungai nil mesir dan kemudian air dari sungai-sungai yang lainnya. [Ianatut Thalibin]

 

Sebagai air terbaik, Air zam-zam memiliki khasiat yang luar biasa sebagaimana disabdakan dalam hadits di atas “Air zam-zam itu tergantung niat orang yang meminumnya”. [HR Al-Hakim]

 

Didalam lanjutan hadits tersebut, Rasul SAW menjelaskan :

فَإِنْ شَرِبْتَهُ تَسْتَشْفِي بِهِ شَفَاكَ اللهُ ، وَإِنْ شَرِبْتَهُ مُسْتَعِيْذًا عَاذَكَ اللهُ ، وَإِنْ شَرِبْتَهُ لِيَقْطَعَ ظَمْأَكَ قَطَعَهُ

Jika engkau meminumnya agar supaya disembuhkan maka Allah akan menyembuhkan, Jika engkau meminumnya agar supaya meminta perlindungan maka Allah akan melindungimu, engkau meminumnya untuk supaya melegakan dahagamu maka Allah akan melegakan dahagamu. [HR Al-Hakim]

 

Lebih lanjut As-Syaukani menjelaskan :

فِيهِ دَلِيلٌ عَلَى أَنَّ مَاءَ زَمْزَمَ يَنْفَعُ الشَّارِبَ لِأَيِّ أَمْرٍ شَرِبَهُ لِأَجْلِهِ سَوَاءٌ كَانَ مِنْ أُمُورِ الدُّنْيَا أَوْ الْآخِرَةِ ؛ لِأَنَّ مَا فِي قَوْلِهِ : لِمَا شُرِبَ لَهُ مِنْ صِيَغِ الْعُمُومِ

Hadits tersebut menunjukkan bahwa air zam-zam akan mendatangkan manfaat kepada seseorang sesuai dengan tujuan meminumnya, baik urusan dunia maupun urusan akhirat karena kata “Ma” (sesuatu) pada hadits “Lima Syuriba Lahu” itu bermakna umum. [Naylul Awthar]

 

Al-Hakim At-tirmidzi berkata : Orang yang meminum air zam-zam jika ia meminumnya agar kenyang maka Allah akan menjadikannya kenyang. jika ia meminumnya untuk mencari kesegaran maka Allah akan menjadikan badannya segar. jika ia meminumnya agar sembuh dari penyakitnya maka Allah akan menyembuhkannya. jika ia meminumnya supaya akhlak jeleknya (menjadi bagus) maka Allah akan membaguskan akhlaknya. jika ia meminumnya karena hatinya yang sempit maka Allah akan melapangkannya. jika ia meminumnya karena hatinya yang gelap maka Allah akan menjadikan hatinya terang. jika ia meminumnya supaya kaya hatinya maka Allah akan menjadikannya kaya. jika ia meminumnya karena ada satu hajat maka Allah akan memenuhi hajatnya. jika ia meminumnya karena ada satu perkara yang menimpanya maka Allah akan mencukupinya. jika ia meminumnya karena sempit hidupnya maka Allah akan melapangkannya. jika ia meminumnya karena menginginkan pertolongan maka Allah akan menolongnya.

وَبِأَيَّةِ نِيَّةٍ شَرِبَهَا مِنْ أَبْوَابِ الْخَيْرِ وَالصَّلَاحِ وَفَّى اللهُ لَهُ بِذَلِكَ؛ لِأنَّهُ اسْتَغَاثَ بِمَا أَظْهَرَهُ اللهُ تَعَالَى مِنْ جَنَّتِهِ غِيَاثاً

Dan dengan niat baik apa saja ketika seseorang meminum air zam-zam maka Allah akan memberikannya karena ia telah meminta pertolongan kepada Allah dengan sarana benda surgawi yang ditampakkan-Nya. [Nawadirul Ushul Fi Ahaditsir Rasul]

 

Diriwayatkan dari suwayd bin sa’id bahwasannya Ibnul mubarak mendatangi sumur zam-zam kemudian ia mengisi bejana dengan air zam-zam hingga penuh lalu ia menghadap kiblat dan berkata “Ya Allah, sesungguhnya Ibnu Abil Mawali meriwayatkan dari ibnul munkadir dari jabir RA bahwa Nabi SAW bersabda : Air zam-zam itu tergantung niat orang yang meminumnya.

وَهُوَ ذَا أَشْرَبُ هَذَا لِعَطَشِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ

“Maka inilah, Aku meminumnya agar aku tidak kehausan di hari kiamat”.

Kemudian iapun meminumnya. [Syu’abul Iman]

 

Ibnu Khuzaimah adalah ulama yang dijuluki sebagai Al-Hujjah, Al-Faqih, Syaikhul Islam, Imamul A’immah, Ahli hadits dan fiqih hingga dikatakan:

صَارَ يُضْرَبُ بِهِ الْمَثَلُ فِي سَعَةِ الْعِلْمِ وَالْاِتْقَانِ

Ia dibuat peribahasa dalam keluasan ilmu dan kesempurnaan.

 

Abu Bakar Muhammad bin Ja’far pernah mendengar bahwa ibnu khuzaimah satu ketika ia ditanya dari mana ia mendapatkan ilmu (nya yang luas) ? Maka ia menjawab : Nabi SAW bersabda : Air zam-zam itu tergantung niat orang yang meminumnya.

وَإِنِّي لَمَّا شَرِبْتُ مَاءَ زَمْزَمَ سَأَلْتُ اللهَ عِلْماً نَافِعاً

Maka ketika meminum air zam-zam aku meminta kepada Allah agar diberikan ilmu yang bermanfaat. [Siyar A’lamin Nubala’]

 

Imam Ahmad Ad-Dinawary berkata : Ketika kami bersama Imam Sufyan Ibnu Uyainah (107 H - 197 H) maka ada seorang lelaki yang datang dan berkata : Wahai Aba Muhammad, Apakah hadits yang engkau riwayatkan mengenai air zam-zam itu derajatnya shahih? Beliau menjawab : iya. Lalu orang itu berkata:

فَإِنِّي شَرِبْتُهُ الْآنَ لِتُحَدِّثْنِي مِائَةَ حَدِيثٍ

“Sungguh aku meminum air zam-zam sekarang dengan tujuan agar engkau menyampaikan kepadaku 100 hadits”.

Beliau berkata : “Duduklah”. Lalu ibnu uyainah menyampaikan kepadanya 100 hadits sebagaimana yang diminta. [Al-Mujalasah wa jawahirul Ilm]

 

Adapun doa yang familier kita baca ketika minum zam-zam itu adalah doa dari Ibnu Abbas RA. Mujahid berkata: Ibnu Abbas RA ketika meminum air zam-zam ia berdoa :

اللهم أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ

“Ya Allah aku memohon pada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizqi yang luas, dan kesembuhan dari segala macam penyakit“. [Al-Mustadrak Alas Shahihayn]

 

Karena bukan air biasa maka ada tatacara khusus ketika hendak meminum air zam-zam. Dikisahkan bahwa ada seorang laki-laki datang kepada Ibnu Abbas lalu Ibnu Abbas bertanya : kamu barusan dari mana? Ia menjawab : aku habis minum air zam-zam. Ibnu Abbas berkata : Sudahkah kamu meminumnya dengan cara yang semestinya? Ia menjawab : bagaimana caranya?. Ibnu Abbas berkata : Jika kau hendak meminum air zam-zam maka menghadaplah ke kiblat, bacalah basmalah, (di sela-sela minum) bernafaslah sebanyak tiga kali lalu minumlah dengan tadlallu’ (banyak) dan setelah selesai bacalah hamdalah karena Rasul SAW bersabda :

آيَةُ مَا بَيْنَنَا وَبَيْنَ الْمُنَافِقِينَ أَنَّهُمْ لَا يَتَضَلَّعُونَ مِنْ زَمْزَمَ

Tanda yang membedakan antara kita dan orang munafik adalah mereka tidak mau minum air zam-zam dengan banyak [HR Ibnu Majah]

 

As-Sindy menjelaskan : maksud dari bernafas sebanyak tiga kali dalam atsar ibnu Abbas tadi adalah bernafas di sela-sela minum dengan menjauhkan gelas dari mulut. Dan yang dimaksud dengan perintah tadallu’ adalah :

أَكْثِرْ مِنَ الشُّرْبِ حَتَّى يَمْتَلِئَ جَنْبُكَ وَأَضْلاَعُكَ

Perbanyaklah minum air zam-zam sehingga ia memenuhi lambungmu dan tulang rusukmu. [Hasyiyah As-Sindy]

 

Tidak hanya sunnah meminum air zam-zam, Imam Al-mawardi berkata :

وَيُسَنُّ أَنْ يَنْضَحَ مِنْهُ عَلَى رَأْسِهِ وَوَجْهِهِ وَصَدْرِهِ وَأَنْ يَتَزَوَّدَ مِنَ مَائِهَا وَيَسْتَصْحِبَ مِنْهُ مَا أَمْكَنَهُ

Disunnahkan pula untuk memercikkan air zam-zam ke bagian kepala, wajah dan dada. Dan berbekal dengan air zam-zam serta membawanya kemanapun seseorang pergi jika dimungkinkan. [I’anatut Thalibin]

 

Al-Fakihy meriwayatkan bahwa Sayyidah A’isyah RA membawa air zam-zam dalam botol dan ia memberitahukan bahwa Nabi SAW juga membawa air zam-zam. Beliau menyimpannya dalam geriba (wadah air yang terbuat dari kulit) dan Sayyidah A’isyah RA berkata :

وَكَانَ يَصُبُّهُ عَلَى الْمَرْضَى وَيَسْقِيهِمْ

Nabi SAW menuangkan air zam-zam kepada orang-orang yang sakit dan memberi mereka minum air zam-zam. [Akhbar Makkah]

 

Wallahu A’lam Semoga Allah al-Bari membuka hati dan fikiran kita untuk mengetahui kelebihan dari Air Zam-zam sehingga kita mengistimewakannya dari air biasa lainnya dan memperlakukannya dengan tata cara khusus yang telah diajarkan.

 

Salam Satu Hadits

Dr.H.Fathul Bari.,SS.,M.Ag

 

Pondok Pesantren Wisata

AN-NUR 2 Malang Jatim

Ngaji dan Belajar Berasa di tempat Wisata

Ayo Mondok! Mondok Itu Keren!

 

NB.

“Ballighu Anni Walau Ayah” Silahkan Share sebanyak-banyaknya kepada semua grup yang ada. Al-Hafidz Ibnul Jawzi berkata : _Barang siapa yang ingin amalnya tidak terputus setelah ia wafat maka sebarkanlah ilmu (agama)._ [At-Tadzkirah Wal Wa’dh]

Friday, April 7, 2023

DUA BIDADARI BERMATA BENING

 

ONE DAY ONE HADITH

 

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Rasul SAW bersabda :

وَلِكُلِّ وَاحِدٍ مِنْهُمْ زَوْجَتَانِ يُرَى مُخُّ سُوقِهِمَا مِنْ وَرَاءِ اللَّحْمِ مِنْ الْحُسْنِ لَا اخْتِلَافَ بَيْنَهُمْ وَلَا تَبَاغُضَ قُلُوبُهُمْ قَلْبٌ وَاحِدٌ

Setiap orang dari mereka (penghuni surga) memiliki dua istri (bidadari) yang mana sumsum tulangnya dapat kelihatan dari betis-betis mereka dari balik daging karena teramat sangat cantiknya. Tidak ada perselisihan (pertengkaran) di sana dan tidak ada pula saling benci. [HR Bukhari Muslim] 

Catatan Alvers

 

“Bidadari Bermata Bening” adalah judul novel best seller karya penulis terkenal Indonesia, Habiburahman El Shirazy yang merupakan penulis sejumlah novel best seller lainnya, seperti Ayat-Ayat Cinta, Ketika Cinta Bertasbih, dan lainnya. Novel setebal 337 halaman ini sebenarnya sudah terbit pada tahun 2017 silam, namun sekarang baru ramai diperbincangkan setelah diangkat menjadi serial web Indonesia yang ditayangkan perdana pada akhir Maret 2023 melalui aplikasi Viu.

 

Dalam resensi disebutkan bahwa novel tersebut mengisahkan tentang seorang santriwati cantik yang bernama Ayna Mardea. Ia mondok dan menjadi khadam di pesantren karena tidak memiliki biaya untuk meneruskan kuliah seperti teman lainnya. Dengan kecantikan, kepintaran dan kebaikan perilakunya, dalam perjalanan hidupnya ada tiga orang laki-laki dengan kepribadian dan latar belakang yang berbeda jatuh hati kepadanya. Ayna kebingungan untuk menentukan siapa yang harus ia pilih karena ada campur tangan keluarganya. Aynapun meminta petunjuk Allah SWT dalam menentukan pilihan dengan melaksanakan shalat istikharah dan iapun pasrah dengan takdirnya.

Nama Ayna Mardea tadi mengingatkan saya akan nama Ayna Mardea kedua, yang kalau ditulis dalam bahasa arab “al-‘Ayna’ Al-Mardliyah” yang kalau diartikan seperti judul novel di atas, artinya bidadari bermata bening lagi cantik jelita. Kisah ini yang sebutkan dalam kitab “Irsyadul Ibad ila Sabilir Rasyad” (Petunjuk Bagi Hamba Allah Menuju Jalan Kebenaran) oleh Syekh Zainuddin Al-Malibari. Al-Malibari merujuk kepada nama daerah kelahiran beliau di India Selatan (bukan malioboro ya sebagaimana sering diplesetkan). Beliau adalah ulama besar yang merupakan murid dari Syekh Ibnu Hajar Al Haitami yang disebutnya dalam kitab beliau sendiri “Fathul mu’in” dengan sebutan “syaikhuna” (guru kami).

 

Di samping kitab fathul mu’in yang menjadi kitab wajib di pesantren salaf, Beliau juga memiliki karya terkenal yaitu Hidayatul Adzkiya’, yang disyarahi oleh banyak ulama diantaranya oleh Sayyid Bakri bin Muhammad Syatha dengan judul Kifayatul Atqiya’. So, kisah ayna mardea kedua ini bukan kisah kaleng-kaleng dan imaginasi belaka apalagi cerita pengantar tidur.

 

Syekh Zainuddin Al-Malibari berkata : Al-Yafi’i menceritakan bahwa Syeikh Abdul Wahid bin Zahid bercerita : Suatu hari ketika kami sedang bersiap-siap hendak berangkat perang, aku meminta beberapa teman untuk membaca sebuah ayat al-Qur’an. Lalu salah seorang dari mereka membaca :

إنَّ الله اشْتَرَى مِنَ المُؤْمِنِينَ أَنْفُسَهُمْ وَأَمْوَالَهُمْ بأنَّ لَهُمُ الجَنَّةَ

“Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mu’min, diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka” [QS At-Taubah : 111]

 

Lalu seorang pemuda sekira usia 15 tahun yang mana ia mendapat harta warisan yang cukup besar dari ayahnya yang telah meninggal, Ia berkata:”Wahai Abdul Wahid, benarkah Allah membeli dari orang-orang mu’min diri dan harta mereka dengan sorga untuk mereka?” “Ya, benar.” kata Abdul Wahid. Anak muda itu melanjutkan:”Kalau begitu saksikanlah, bahwa diriku dan hartaku mulai sekarang aku jual dengan surga.”

Abdul Wahid berkata “tajamnya pedang itu sungguh lebih berat wahai pemuda, aku khawatir engkau tidak sanggup dan lemah nanti”. Pemuda itu meyakinkan : “Akankah aku lemah setelah aku berbaiat kepada Allah?. Pemuda itu lalu menginfakkan semua hartanya dengan menyisakan seekor kuda, pedang dan biaya keperluannya saja.

Tibalah waktu berangkat ke medan perang dan ternyata pemuda itu yang terlihat datang pertama. Dia mengucapkan salam. Abdul Wahid berkata : Semoga kau beruntung dalam “perdagangan” (peperangan) ini. Sepanjang jalan, pemuda itu siang berpuasa dan malamnya dia bangun untuk beribadah. Dia membantu keperluan pasukan, juga mengurus kuda-kuda perang, serta menjaga pasukan jika mereka sedang tidur istirahat.

Setibanya di Romawi dan kami sedang beristirahat, tiba-tiba dia berteriak:

وَاشَوْقَاهْ إِلَى الْعَيْنَاءِ الْمَرْضِيَّةِ

”Betapa rindunya aku kepada ‘Aina’ Al-Mardliyah”

 

Para prajurit menduga bahwa pikirannya mulai kacau (karena ketakutan menghadapi peperangan). Lalu Abdul Wahid bertanya siapakah Aina’ Al-Mardliyah itu?.

Ia menjawab: “Tadi sewaktu aku tertidur sebentar, aku bermimpi ada seseorang menyuruhku menemui Aina’ Al-Mardliyah. Lalu Ia membawaku memasuki taman yang indah dengan sungai yang jernih airnya dan dipinggirnya nampak para gadis-gadis cantik yang mengenakan perhiasan-perhiasan yang sangat indah. Manakala melihat kedatanganku, mereka bergembira seraya  berkata: “Inilah suami Aina’ Al-Mardliyah”

Akupun mengucap salam dan bertanya : “Adakah di antara kalian yang bernama Aina’ Al- Mardhiyah?” Mereka menjawab salamku dan berkata:

لَا نَحْنُ خَدَمُهَا وَإِمَاؤُهَا فَامْضِ أَمَامَكَ

“Tidak, kami ini adalah pembantu dan budaknya. Berjalanlah terus ke depan.”

 

Beberapa kali aku sampai pada taman-taman dan sungai yang lebih indah dari sebelumnya mulai sungai susu, sungai khamr dan sungai madu dengan gadis-gadis cantik yang lebih cantik dari sebelumnya tapi jawaban mereka sama, mereka adalah pembantunya dan menyuruh aku berjalan terus ke depan. Hingga akhirnya aku sampai pada kemah yang terbuat dari mutiara berwarna putih. Di pintu kemah terdapat seorang gadis dengan perhiasan yang tak bisa kuceritakan keindahannya. Tatkala ia melihat kehadiranku ia nampak gembira dan memanggil-manggil ke dalam kemah: “Hai Aina’ Al- Mardhiyah, ini suamimu telah datang.

 

Perlahan aku masuk ke dalam kemah dan kulihat seorang bidadari yang sangat sangat cantik duduk di atas ranjang emas yang ditaburi permata dan yaqut. Ia mengucapkan selamat datang atas kedatanganku. Lalu aku mendekatinya dan dia berkata: “Bersabarlah, kamu belum diijinkan lebih dekat kepadaku, karena ruh kehidupan dunia masih ada dalam dirimu. Nanti malam kau akan berbuka puasa bersamaku”.

“Lalu aku terbangun, wahai Abdul Hamid. Aku tidak sabar lagi untuk segera bertemu dengannya”.

 

Belum lagi percakapan itu selesai, tiba-tiba sekelompok pasukan musuh terdiri sembilan orang menyerbu kami. Pemuda itu segera bangkit dan menyerang mereka. Iapun berhasil membunuh sembilan orang tadi namun ia sendiri terluka parah. Selesai pertempuran aku melihat ia nampak tersenyum lebar hingga ruhnya berpisah dari badannya dan iapun meninggal dunia. (untuk segera bertemu dengan ayna mardea). Maka jika satu bidadari bisa memotovasi pemuda tersebut maka bagaimana dengan dua bidadari sebenagaimana hadits utama di atas atau bahkan tujuh puluh dua bidadari.

 

Wallahu A’lam Semoga Allah al-Bari membuka hati dan fikiran kita untuk menjadikan kisah-kisah sebagai motivasi diri untuk semakin semangat dan bersungguh-sungguh dalam beribadah kepada Allah SWT dan semakin baik kepada sesama manusia.

 

Salam Satu Hadits

Dr.H.Fathul Bari.,SS.,M.Ag

 

Pondok Pesantren Wisata

AN-NUR 2 Malang Jatim

Ngaji dan Belajar Berasa di tempat Wisata

Ayo Mondok! Mondok Itu Keren!

 

NB.

“Ballighu Anni Walau Ayah” Silahkan Share sebanyak-banyaknya kepada semua grup yang ada. Al-Hafidz Ibnul Jawzi berkata : _Barang siapa yang ingin amalnya tidak terputus setelah ia wafat maka sebarkanlah ilmu (agama)._ [At-Tadzkirah Wal Wa’dh]

Thursday, April 6, 2023

MENETRALISIR EFEK FLEXING

 

ONE DAY ONE HADITH

 

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Rasul SAW bersabda :

يَأْتِي عَلَى النَّاسِ زَمَانٌ لَا يُبَالِي الْمَرْءُ مَا أَخَذَ مِنْهُ أَمِنَ الْحَلَالِ أَمْ مِنْ الْحَرَامِ

Akan datang satu masa dimana seseorang tidak lagi memperdulikan harta yang diambilnya, apakah hartanya dari barang haram ataukah dari barang halal. [HR Bukhari]

 

Catatan Alvers

 

Maraknya flexing di medsos mendatangkan efek negatif kepada masyarakat. Mereka akan cenderung materialistis. Mereka bepandangan bahwa materi, harta atau kekayaan menjadi tolok ukur ketinggian derajat dan kemuliaan seseorang. Semakin kaya seseorang berarti ia semakin mulia dan berkelas dan sebaliknya semakin sedikit materi yang dimiliki berarti seseorang semakin hina dan semakin rendah stratanya. Masyarakat yang terjangkit ideologi materialisme seperti itu akan cenderung berlomba-lomba dan tak kenal lelah untuk mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya dengan menghalalkan segala cara. Mereka tidak lagi memperdulikan apakah caranya halal ataupun haram. Inilah jawaban mengapa semakin marak korupsi di kalangan pejabat akhir akhir ini. Nabi SAW bersabda :

يَأْتِي عَلَى النَّاسِ زَمَانٌ لَا يُبَالِي الْمَرْءُ مَا أَخَذَ مِنْهُ أَمِنَ الْحَلَالِ أَمْ مِنْ الْحَرَامِ

Akan datang satu masa dimana seseorang tidak lagi memperdulikan harta yang diambilnya, apakah hartanya dari barang haram ataukah dari barang halal. [HR Bukhari]

 

Untuk menetralisir hal ini, Islam mengajarkan bahwa barometer kemuliaan sesungguhnya adalah taqwa bukan harta. Allah SWT berfirman :

إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ

”Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu”. [QS Al-Hujurat : 13]

Dan Rasul SAW bersabda:

إِنَّ اللَّهَ لَا يَنْظُرُ إِلَى صُوَرِكُمْ وَأَمْوَالِكُمْ وَلَكِنْ يَنْظُرُ إِلَى قُلُوبِكُمْ وَأَعْمَالِكُمْ

"Sesungguhnya Allah tidak melihat pada rupa-rupa kalian dan harta-harta kalian, akan tetapi Allah melihat pada hati-hati kalian dan amalan-amalan kalian." [HR Muslim]

 

Dan ingatlah bahwa seberapun harga yang kita miliki, tidak akan menjadikan bahagia jika kita terus berambisi. Baginda Nabi Saw bersabda :

لَوْ كَانَ لِابْنِ آدَمَ وَادِيَانِ مِنْ مَالٍ لَابْتَغَى ثَالِثًا

Jika seseorang memiliki dua lembah harta niscaya dia akan mencari lembah yang ketiga. [HR Bukhari]

 

Efek negatif selanjutnya adalah motivasi kerja mereka bukan lagi motivasi mulia untuk menunaikan kewajiban menari nafkah dan ibadah namun motivasi mereka adalah gengsi dan menuruti kata setan. Dari Ka’ab bin ‘Ujrah, ia berkata, “Ada seorang laki-laki lewat di hadapan Nabi SAW, maka para shahabat Rasulullah SAW melihat kuat dan sigapnya orang tersebut. Lalu para shahabat bertanya, “Ya Rasulullah, alangkah baiknya seandainya orang ini ikut (Jihad) fi sabilillah”. Lalu Rasulullah SAW menjawab, “Jika ia keluar bekerja untuk mencukupi kebutuhan anaknya yang masih kecil, maka ia (Jihad) fi sabilillah. Jika ia keluar bekerja untuk mencukupi kebutuhan kedua orang tuanya yang sudah lanjut usia maka ia (Jihad) fi sabilillah. Jika ia keluar bekerja untuk mencukupi kebutuhannya sendiri agar terjaga kehormatannya, maka ia (Jihad) fi sabilillah. Rasul SAW melanjutkan :

وَ اِنْ كَانَ خَرَجَ رِيَاءً وَ مُفَاخَرَةً فَهُوَ فِى سَبِيْلِ الشَّيْطَانِ

jika seseorang (bekerja) keluar rumah karena tujuan flexing dan gengsi maka ia berada jalan syaithan”. [HR. Thabrani]

 

Menetralisi motivasi negatif dan gengsi tersebut, Rasul SAW menyuruh kita untuk lebih banyak melihat orang yang ada dibawah kita. Beliau bersabda :

انْظُرُوا إِلَى مَنْ أَسْفَلَ مِنْكُمْ وَلَا تَنْظُرُوا إِلَى مَنْ هُوَ فَوْقَكُمْ فَهُوَ أَجْدَرُ أَنْ لَا تَزْدَرُوا نِعْمَةَ اللَّهِ

“Pandanglah orang yang lebih rendah daripada kalian, dan janganlah memandang orang yang di atas kalian. Maka yang demikian itu lebih layak untuk dilakukan agar kalian tidak menganggap remeh akan nikmat Allah yang telah dianugerahkan kepada kalian.” [HR Muslim]

Dan Al-Hasan berkata :

إِذَا رَأَيْتَ الرَّجُلَ يُنَافِسُكَ فِي الدُّنْيَا فَنَافِسْهُ فِي الْآخِرَةِ

Jika kau lihat ada orang berlomba-lomba dalam urusan dunia maka berlomba-lombalah dengannya dalam urusan akhirat. [Mushannaf Ibnu Abi Syaibah]

 

Efek negatif selanjutnya adalah banyak pemuda menjadi berangan-angan menjadi orang kaya dengan tujuan agar ia bisa flexing seperti yang mereka. Rasulullah SAW bersabda : “Perumpamaan umat ini seperti empat kelompok manusia: (1) Seseorang yang Allah beri harta dan ilmu agama, maka dia beramal dengan hartanya sesuai ilmunya, dia infakkan hartanya sesuai kewajibannya. (2) Seseorang yang Allah beri ilmu, tapi tidak Allah beri harta. Dia berkata, ”Andai aku punya harta seperti dia (kelompok pertama), niscaya aku akan berbuat seperti yang dia lakukan”. Maka mereka berdua mendapatkan pahala yang sama.”

وَرَجُلٌ آتَاهُ اللَّهُ مَالًا وَلَمْ يُؤْتِهِ عِلْمًا فَهُوَ يَخْبِطُ فِي مَالِهِ يُنْفِقُهُ فِي غَيْرِ حَقِّهِ

(3) Seseorang yang Allah beri harta, namun tidak Allah beri ilmu. Dia menghabiskan hartanya dan dia keluarkan hartanya pada tempat yang bukan haknya.”

(4) Seseorang yang tidak Allah beri harta dan tidak pula ilmu. Maka dia berangan-angan,

لَوْ كَانَ لِي مِثْلُ هَذَا عَمِلْتُ فِيهِ مِثْلَ الَّذِي يَعْمَلُ

”Andai aku punya harta seperti dia (kelompok ketiga), niscaya aku akan berbuat seperti orang itu.” Maka Mereka berdua mendapatkan dosa yang sama.” [HR Ahmad]

 

Efek negatif ini bisa dinetralisir dengan menyadarkan diri bahwa harta itu sementara karena ketika seseorang mati maka ia tidak akan membawanya dan di akhirat kelak akan dimintai pertanggugjawabandengan dobel pertanyaan, Yaitu :

عَنْ مَالِهِ مِنْ أَيْنَ اكْتَسَبَهُ وَفِيمَ أَنْفَقَهُ

Ditanyakan perihal hartanya; Dari mana harta didapatkan dan dalam hal apa ia dibelanjakan. [HR Turmudzi]

Dan sayyidina Ali KW berkata :

حَلَالُهَا حِسَابٌ وَحَرَامُهَا عَذَابٌ

Halalnya harta akan dihisab dan haramnya akan mendatangkan adzab. [Kanzul Ummal]

 

Kaya belum tentu bahagia, Miskin belum tentu susah dan setiap orang akan menjadi bahagia apapun kondisinya asal dia mau ber-qana’ah (menerima ketentuan Allah dengan ridla dan senang hati). Banyak belum tentu cukup dan sedikit belum tentu kurang, maka cukup dan tidaknya itu adalah pilihan. Maka pilihlah kebahagian di dunia dan akhirat.

 

Wallahu A’lam Semoga Allah al-Bari membuka hati dan fikiran kita untuk menyadari bahwa setiap harta yang kita miliki akan dimintai pertanggung jawabannya kelak, tidak hanya darimana kita mendapatkannya namun juga untuk apa harta dibelanjakan.

 

Salam Satu Hadits

Dr.H.Fathul Bari.,SS.,M.Ag

 

Pondok Pesantren Wisata

AN-NUR 2 Malang Jatim

Ngaji dan Belajar Berasa di tempat Wisata

Ayo Mondok! Mondok Itu Keren!

 

NB.

“Ballighu Anni Walau Ayah” Silahkan Share sebanyak-banyaknya kepada semua grup yang ada. Al-Hafidz Ibnul Jawzi berkata : _Barang siapa yang ingin amalnya tidak terputus setelah ia wafat maka sebarkanlah ilmu (agama)._ [At-Tadzkirah Wal Wa’dh]

FLEXING, BOLEHKAH?

 

ONE DAY ONE HADITH

 

Diriwayatkan dari Abdullah Ibnu Mas’ud RA, Rasul SAW bersabda :

لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ كَانَ فِي قَلْبِهِ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ مِنْ كِبْرٍ

“Tidak akan masuk surga seseorang yang di dalam hatinya terdapat kesombongan sebesar biji sawi.”  [HR Muslim]

 

Catatan Alvers

 

Flexing, kata yang akhir ini marak diperbincangkan. Flexing adalah kata yang berasal dari bahasa Inggris yang berarti pamer atau sinonim dari kata "show off". Menurut kamus Merriam-Webster, flexing adalah memamerkan sesuatu atau yang dimiliki secara mencolok. Dengan perkembangan teknologi, Memamerkan properti lebih mudah melalui medsos seperti Instagram, facebook dan lainnya.

 

Flexing ini sudah ada sejak zaman dahulu, jauh sebelum era medsos ditemukan. Allah SWT berfirman :

فَخَرَجَ عَلَى قَوْمِهِ فِي زِينَتِهِ

”Maka keluarlah Qarun kepada kaumnya dalam perhiasannya.” [QS Al-Qashshash : 79]

Dalam tafsir jalalain disebutkan :

بِأَتْبَاعِهِ الْكَثِيْرِيْنَ رُكْبَاناً مُتَحَلِّينَ بِمَلَابِسِ الذَّهَبِ وَالْحَرِيْرِ عَلَى خُيُولٍ وَبِغَالٍ مُتَحَلِّيَةٍ

Dengan para ajudannya yang berjumlah banyak dengan mengenakan perhiasan berupa pakaian emas dan sutera, mereka naik di atas kuda dan bighal yang dipenuhi dengan perhiasan. [Tafsir Jalalain]

 

Az-Zamakhsyari menukil keterangan bahwa Qarun diapit di sebelah kanan oleh 300 pemuda dan di sebelah kiri 300 gadis yang glowing dengan mengenakan perhiasan emas berlian dan sutera. Dan ada yang mengatakan total pengawalnya berjumlah 90 ribu dengan memakai perhiasan. [Tafsir Al-Kasysyaf]

 

Saya punya imaginasi, jika qarun hidup di zaman ini maka tatkala ia keluar ke jalan raya dengan Iring-iringan yang terdiri dari mobil supercar mulai mobil Rolls-Royce Sweptail seharga 13 juta dolar (Rp184,8 miliar), Bugatti La Voiture Noire seharga 18 juta dolar (Rp255,9 miliar) dll. dengan hiasan boneka kecil bermerk Steiff Louis Vuitton Teddy Bear seharga USD2,1 juta (Rp48 miliar) Baju yang dikenakannya bermerek Giorgio Armani yang berhias kristal swarovski seharga USD 250 ribu (Rp3,9 miliar). Jaket bermerek Yves Saint Laurent (YSL) produk Prancis, dengan Sunflower yang terdapat bordir tangan seharga USD382 ribu (Rp6 miliar). ikat pinggang bermerk Gucci Stuart Hughes yang dihargai USD250 ribu (Rp3,9 miliar). Gaunnya bermek Christian Dior seperti yang dipakai oleh Nicole Kidman senilai USD2 juta (Rp31 miliar). Sepatu bermerk Solid Gold OVO x Air Jordans seharga US$2 juta (Rp31,24 miliar). Dan jam tangan bermerk Graff Diamonds Hallucination yang terbuat dari 110 karat berlian dengan beragam warna dan dibalut gelang platinum seharga 55 juta dolar (Rp834,13 miliar). Serta Tas tangan bermerk Mouawad 1001 Nights Diamond Bag besutan Robert Mouawad seharga $3,8 juta (Rp. 59 miliar) [Berbagai sumber]

 

Maka pantaslah semua mata yang tertuju padanya berdecak kagum. Allah SWT berfirman :

قَالَ الَّذِينَ يُرِيدُونَ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا  يَا لَيْتَ لَنَا مِثْلَ مَا أُوتِيَ قَارُونُ إِنَّهُ لَذُو حَظٍّ عَظِيمٍ

Berkatalah orang-orang yang menghendaki kehidupan dunia: "duhai kiranya kami mempunyai seperti apa yang telah diberikan kepada Qarun; sesungguhnya ia benar-benar mempunyai keberuntungan yang besar".[QS Al-Qashshash : 79]

 

Kenapa banyak orang cenderung flexing? seseorang yang memiliki harta boleh jadi ia ingin dikenal dan tenar dengan kekayaannya. Orang kaya terkadang bertanya dalam hati, apakah aku sudah dianggap kaya oleh tetangga, saudara atau bahkan banyak orang? Terkadang ia belum puas dan percaya diri dengan pencapaiannya jikalau ia belum medapatkan pengakuan dari komunitasnya (validasi sosial).

 

Di sisi lain, popularitas itu menjadi satu kenikmatan di atas kenikmatan harta. Dengan tenar ia akan mendapatkan perhatian dari banyak orang yang tidak bisa ia miliki tanpa memamerkan kekayaannya. Imam Ghazali berkata : Tujuan dari popularitas adalah mendapatkan “jah” (kedudukan) atau perhatian dari masyarakat.

وَحُبُّ الْجَاهِ هُوَ مَنْشَأُ كُلِّ فَسَادٍ

Dan “hubbul jah” (gila hormat) adalah sumber segala kerusakan. [Ihya Ulumuddin]

 

Maksud dari “jah” disini adalah pandangan masyarakat bahwa ia memiliki kesempurnaan dan kesempurnaan ini akan menjadikannya mendapat pujian dan perhatian istimewa di hati banyak orang. Mengapa jah itu disukai? Imam ghazali menjawab : jah itu disukai sama dengan sebab disukainya emas perak. Kenapa emas lebih disukai dari pada perak dengan bobot yang sama?  Anda tahu bahwa Emas dan perak itu bukan tujuan akhir, karena keduanya tidak bisa dimakan, diminum dan dinikahi persis seperti batu. Namun emas dan perak dicintai karena keduanya bisa dijadikan sarana untuk mendapatkan apapun yang diinginkan. Nah, seperti itu pula jah. [Ihya Ulumuddin]

 

Lantas apakah kita tidak boleh mengenakan pakaian yang bagus dan mahal? Flexing? boleh saja, boleh kok. Suatu Ketika Malik Bin Auf Al-Jutsamy duduk Bersama baginda Rasul SAW dan beliau melihatnya mengenakan pakaian yang usang. Maka beliaupun bertanya: "Apakah engkau mempunyai harta?" Aku menjawab, "Iya, wahai Rasulullah. Aku memiliki banyak harta." Beliau bersabda:

فَإِذَا آتَاكَ اللَّهُ مَالًا فَلْيُرَ أَثَرُهُ عَلَيْكَ

"Jika Allah memberimu harta yang banyak, maka tampakkanlah wujud dari rizki-Nya itu pada dirimu.” [HR An-Nasai]

Al-Mubarakfuri menjelaskan :  (orang yang kaya hendaklah) ia memakai pakaian yang pantas dengan keadaannya untuk menampakkan nikmat Allah yang diperolehnya dan hendaklah ia berniat agar para fakir miskin dengan mudah meminta zakat dan sedekah kepadanya, hal ini sebagaimana orang alim memperlihatkan ilmunya supaya orang awam tidak kebingungan kepada siapa ia akan meminta faidah dan ilmu. [Tuhfatul Ahwadzi]

Imam ghazali memiliki analogi tentang popularitas. Kita itu seperti orang tenggelam bersama orang banyak. Jika kita lemah (tidak bisa berenang) maka janganlah ingin diketahui oleh mereka sebab jika demikian maka mereka yang tenggelam akan mendekati kita lalu bergelantungan ke kita sehingga semuanya akan tenggelam. Adapun orang yang kuat (pintar berenang) maka sebaiknya ia memberitahukan keberadaannya sehingga orang yang tenggelam disekitarnya akan bergelantungan kepadanya sehingga semuanya bisa selamat. [Ihya Ulumuddin]

Dan lebih penting lagi jangan sampai hal itu menyebabkan kita sombong dengan meremehkan orang lain yang mengenakan pakaian KW karena dalam hadits utama disebutkan bahwa “Tidak akan masuk surga seseorang yang di dalam hatinya terdapat kesombongan sebesar biji sawi.” Ketika menyampaikan hadits ini, ada yang bertanya :

إِنَّ الرَّجُلَ يُحِبُّ أَنْ يَكُونَ ثَوْبُهُ حَسَنًا وَنَعْلُهُ حَسَنَةً

“Bagaimana dengan seorang yang suka memakai baju dan sandal yang bagus?”

Maka Beliau menjawab :

إِنَّ اللَّهَ جَمِيلٌ يُحِبُّ الْجَمَالَ الْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ وَغَمْطُ النَّاسِ

“Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan. Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain.”  [HR Muslim]

 

Wallahu A’lam Semoga Allah al-Bari membuka hati dan fikiran kita untuk menyadari bahwa popularitas dan kekayaan itu bukan untuk dipamerkan dan dibanggakan namun sebaiknya digunakan untuk kemaslahatan.

 

Salam Satu Hadits

Dr.H.Fathul Bari.,SS.,M.Ag

 

Pondok Pesantren Wisata

AN-NUR 2 Malang Jatim

Ngaji dan Belajar Berasa di tempat Wisata

Ayo Mondok! Mondok Itu Keren!

 

NB.

“Ballighu Anni Walau Ayah” Silahkan Share sebanyak-banyaknya kepada semua grup yang ada. Al-Hafidz Ibnul Jawzi berkata : _Barang siapa yang ingin amalnya tidak terputus setelah ia wafat maka sebarkanlah ilmu (agama)._ [At-Tadzkirah Wal Wa’dh]